ANALISIS PERSEPSI PENGGUNA TERHADAP KUALITAS LAYANAN PADA APLIKASI THREADS MENGGUNAKAN ANALISIS SENTIMEN DAN TOPIC MODELLING - Dalam bentuk buku karya ilmiah

AISYA FADHILA

Informasi Dasar

24.04.368
338.47
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Aplikasi Threads adalah sosial media yang diluncurkan pada tanggal 5 Juli 2023 oleh Meta, perusahaan induk Instagram. Threads menawarkan platform komunikasi sosial yang memungkinkan pengguna untuk berinteraksi, berbagi konten, dan menjaga hubungan dengan teman-teman mereka. Sebagai aplikasi baru yang diluncurkan pada pertengahan tahun 2023 Threads mengalami peningkatan jumlah pengguna pada awal kemunculannya dengan begitu pesat. Namun, setelah satu minggu peluncuran mulai terjadi penurunan yang begitu drastis pada jumlah pengguna hariannya. Maka dari itu, kualitas layanan Threads perlu ditingkatkan untuk mencapai kepuasan dan loyalitas pengguna.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persepsi pengguna terhadap kualitas layanan aplikasi Threads dengan menggunakan analisis sentimen dan topik modelling pada data ulasan pengguna di google play store dan app store. Penelitian ini akan membantu pengembang Threads untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang apa yang disukai oleh pengguna dan di mana potensi perbaikan dapat dilakukan.
Metode yang digunakan pada penelitian ini adalan sentiment analisis dengan algortima IndoBERT dan Topic Modelling menggunakan BERTopic. Setelah melewati evaluasi perbandingan dengan algoritma Naïve Bayes, SVM, Decision Tree dan IndoBERT. Menghasilkan algoritma IndoBERT dengan akurasi tertinggi mencapai 84,4%. Sentimen positif sebanyak 26,44% dan sentiment negatif sebanyak 73,57%. Dimensi yang digunakan untuk mengukur kualitas layanan yakni Usefullness, Convenience, Design, dan Privacy/Security. Hasil dari sentiment analisis dan topic modelling menghasilkan persepsi pengguna dengan sentiment negatif pada dimensi Usefullness dan Convenience dengan frekuensi paling tinggi. Dengan pengetahuan mengenai kualitas layanan yang muncul dari pengalaman pengguna Threads dapat mengevaluasi dan memberikan kualitas layanan yang lebih baik terutama pada dimensi Usefullness dan Convenience.
Kata Kunci: Klasifikasi Teks, Sosial Media, Persepsi, Kualitas Layanan, Topic modelling, Sentimen Analisis, IndoBERT

Subjek

DEEP LEARNING
SERVICE QUALITY-SERVICE MARKETING,

Katalog

ANALISIS PERSEPSI PENGGUNA TERHADAP KUALITAS LAYANAN PADA APLIKASI THREADS MENGGUNAKAN ANALISIS SENTIMEN DAN TOPIC MODELLING - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

AISYA FADHILA
Perorangan
Herry Irawan
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Manajemen (Manajemen Bisnis Telekomunikasi & Informatika)
Bandung
2024

Koleksi

Kompetensi

  • EBI3B4 - BIG DATA AND DATA ANALYTICS

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini