RANCANG BANGUN ANTENA ARRAY DENGAN JARAK TAK SERAGAM MENGGUNAKAN METODE SPATIAL STRETCHING UNTUK MENEKAN SIDE LOBE LEVEL (SLL)

MOHAMMAD FERRY FARDIANSYAH

Informasi Dasar

24.04.240
000
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Radar adalah perangkat pemantauan jarak jauh yang memancarkan gelombang elektromagnetik. Komponen utama dari radar adalah antena. Teknologi antena yang popular adalah antena array yang memiliki elemen lebih dari satu. Keuntungan utama dari antena array adalah memiliki gain yang tinggi. Namun, antena array juga memiliki kelemahan yaitu side lobe level yang tinggi (± -13 dB) pada array dengan jarak antar elemen yang seragam. Sehingga ketika gangguan berada pada area side lobe, gangguan tersebut akan terlihat namun akan dianggap miss detection. Pada penelitian ini menjelaskan desain antena array dengan jarak tidak seragam menggunakan metode spatial stretching untuk menekan side lobe level. Antena array dengan spatial stretching merupakan sebuah antena yang memiliki beberapa elemen dengan jarak yang bervariasi untuk menekan tingginya side lobe level. Tingkat side lobe level yang rendah, maka dapat meminimalisir terjadinya miss detection di area side lobe. Berdasarkan permasalahan diatas, maka dilakukan penelitian tentang antena array untuk menekan side lobe level dengan menggunakan jarak antar elemen yang tidak seragam menggunakan metode spatial stretching. Metode spatial stretching sendiri dibagi menjadi 2 yaitu linear stretching dan quadratic stretching. Linear stretching berfungsi menentukan jarak antar elemen berdasarkan grafik fungsi linier, sedangkan untuk quadratic stretching diformulasikan berdasarkan kurva fungsi kuadrat. Kedua metode spatial stretching tersebut meningkatkan jarak antar-elemen dari pusat array ke tepi secara simetris sisi kanan dan kirinya. Tujuannya adalah untuk menekan side lobe level. Pada penelitian ini metode yang digunakan yaitu linear stretching dan quadratic stretching. Dari kedua metode yang digunakan, kinerja antena yang paling optimal adalah metode quadratic stretching 16 elemen dengan nilai side lobe level yang dihasilkan ??12 dB dan nilai Half Power Beamwidth (HPBW) yaitu ?15,75 ? dengan nilai gain ? 15,56 dBi.

Kata kunci: Microstrip Array, Radar, Spatial Stretching.

Subjek

TELEKOMUNIKASI
TA

Katalog

RANCANG BANGUN ANTENA ARRAY DENGAN JARAK TAK SERAGAM MENGGUNAKAN METODE SPATIAL STRETCHING UNTUK MENEKAN SIDE LOBE LEVEL (SLL)
TA/FTE.01.2024/96 FAR r
103
indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 1.000
Tidak

Pengarang

MOHAMMAD FERRY FARDIANSYAH
Perorangan
Dr. Fannush Shofi Akbar, S.ST., Risdilah Mimma Untsa, S.ST., M.T.
 

Penerbit

Tel-U Surabaya
Surabaya
2024

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini