ANALISIS KEAMANAN SISTEM INFORMASI BERBASIS WEBSITE MENGGUNAKAN METODE PENETRATION TESTING BERDASARKAN FRAMEWORK ISSAF (STUDI KASUS: KANTOR KESEHATAN XYZ)

Rismawati Khofifah

Informasi Dasar

24.04.195
000
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Pada era digital yang berkembang pesat saat ini, banyak lembaga perusahaan menerapkan teknologi untuk membantu mengembangkan proses kinerja agar lebih efektif dan efisien. Kantor Kesehatan XYZ merupakan sebuah Unit Pelaksana Teknis (UPT) yang melaksanakan upaya mencegah faktor risiko kesehatan masyarakat di wilayah kerja pelabuhan, bandar udara, dan pos lintas batas darat negara. Kantor Kesehatan XYZ memiliki situs website sebagai media penyampaian informasi, dokumen, serta pendaftaran beberapa layanan dan pengaduan yang dipublikasi. Hal ini menjadikan keamanan sistem berbasis website di Kantor Kesehatan XYZ menjadi rentan dan penting untuk melindungi informasi serta data sensitif dari serangan yang tidak diinginkan. Metode yang akan digunakan untuk menguji kerentanan keamanan website tersebut yaitu Penetration Testing, dengan pendekatan framework ISSAF (Information System Security Assessment Framework). Hasil dari penelitian tugas akhir ini adalah keamanan pada website Kantor Kesehatan XYZ tergolong sudah baik karena telah menerapkan prinsip protokol keamanan terbaru seperti Key Exchange dan Cipher Strength. Hal tersebut dibuktikan dengan ketidakberhasilan peneliti dalam uji eksploitasi celah keamanan yang ditemukan pada sistem, sehingga penelitian ini dapat digunakan sebagai pemantauan serta pencegahan secara berkala terkait keamanan sistem website yang sudah ada. Kata Kunci: ISSAF, Keamanan Sistem Informasi, Penetration Testing, Website Kantor Kesehatan XYZ

Subjek

SISTEM INFORMASI
TA

Katalog

ANALISIS KEAMANAN SISTEM INFORMASI BERBASIS WEBSITE MENGGUNAKAN METODE PENETRATION TESTING BERDASARKAN FRAMEWORK ISSAF (STUDI KASUS: KANTOR KESEHATAN XYZ)
TA/FRI.08.2024/80 KHO a
75
indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 1.000
Tidak

Pengarang

Rismawati Khofifah
Perorangan
Muhamad Nasrullah, S.Kom., M.Kom., Purnama Anaking, S.Kom., M.Kom.
 

Penerbit

Tel-U Surabaya
Surabaya
2024

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini