Organisasi dan Arsitektur Komputer

Syahrul

Informasi Dasar

ITTS.0619000041
004.22
Buku - Circulation (Dapat Dipinjam)
1

Buku ini merupakan pembahasan umum tentang arsitektur komputer. Arsitektur komputer yang dimaksud adalah hal-hal yang berkenaan dengan perangkat keras pembangun komputer, sistem pengeksekusian instruksi, beserta metode-metode peningkatan kinerjanya. Penyusunan buku ini diupayakan sedemikian rupa sehingga memudahkan bagi pembaca untuk memahaminya. Susunan bahasan dalam buku ini dibagi menjadi 11 bagian, sebagai berikut :

Sejarah Komputer

Gerbang Logika

Flip-flop

Regiser

Komputer Sederhana SAP-1

Komputer Sederhana SAP-2

Komputer Sederhana SAP-3

Prosesor DLX

VHDL Bahasa Pemrograman Perangkat Keras

Perancangan Prosesor DLX

Pengujian Prosesor DLX

Pada bagian 1 pembahasan sejarah komputer dari mulai ide komputer mekanik sampai komputer yang berkembang saat ini. Di dalamnya komputer digenerasikan menjadi lima generasi.

Bagian kedua, ketiga dan keempat adalah urutan pembahasan pembentukan komponen dari mulai komponen yang paling sederhana gerbang logika sampai level register. Pembahasan ketiga bagian ini sengaja diurutkan karena satu dengan yang lainnya saling berkaitan. Bagian kelima, keenam dan ketujuh adalah contoh komputer sederhana yang mudah difahami, SAP-1, SAP-2 dan SAP-3. Dengan pembahasan komputer sederhana ini diharapkan pembaca secara bertahap memahami proses pembentukan arsitektur komputer dari mulai sistem komputer yang paling minimal.

Bagian kedelapan, kesembilan, kesepuluh dan kesebelas adalah pembahasan komputer yang lebih komplek, prosesor DLX. Prosesor ini banyak digunakan untuk pembelajaran di perguruan tinggi. Arsitektur dan instruksinya tidak terlalu rumit tapi sudah mewakili komputer modern yang lengkap. Pembahasan dilanjutkan dengan perancangan model komponen prosesor DLX dalam bahsa VHDL bahasa pemodelan komponen perangkat keras. Pada bagian akhir, komponen-komponen DLX diperiksa berdasarkan diagram clock-nya.

Pada bagian VHDL, penulis tidak membahas secara rinci tentang bahasa ini, hanya hal-hal yang penting saja berkaitan dengan pemodelan komponen dan penulisan kodenya. Untuk mempelajari lebih rinci bisa mengunakan buku VHDL Bahasa pemrograman perangkat keras.

Pada pembahasan perancangan Prosesor DLX juga penulis tidak menyertakan secara rinci seluruh prilaku komponen. Bagi yang memerlukan rincian tersebut bisa menghubungi penulis.

Subjek

Computer architecture
 

Katalog

Organisasi dan Arsitektur Komputer
9789792915464
650p
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 1.000
Ya

Pengarang

Syahrul
Perorangan
 
 

Penerbit

ANDI
Yogyakarta
1974

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini