Makroekonomi : Teori Pengantar

Sadono Sukirno

Informasi Dasar

ITTS.0619000007
339
Buku - Circulation (Dapat Dipinjam)
8b

Makroekonomi adalah teori pengantar ini merupakan revisi buku: pengantar teori makroekonomi. Perkembangan pemikiran makroekonomi sejak tahun 1970 an telah banyak menimbulkan perubahan dalam pendekatan untuk menguraikan persoalan-persoalan pokok yang dianalisis dan diterangkan dalam makroekonomi. Untuk mengikuti perkembangan tersebut dilakukan beberapa pembaruan penting dalam analisis yang terdapat dalam edisi ketiga ini.

Ekonomi makro atau makroekonomi adalah studi tentang ekonomi secara keseluruhan. Makroekonomi menjelaskan perubahan ekonomi yang mempengaruhi banyak masyarakat, perusahaan, dan pasar. Ekonomi makro dapat digunakan untuk menganalisis cara terbaik untuk mempengaruhi target-target kebijaksanaan seperti pertumbuhan ekonomi, stabilitas harga, tenaga kerja dan pencapaian keseimbangan neraca yang berkesinambungan.

Meskipun ekonomi makro merupakan bidang pembelajaran yang luas. Ada dua area penelitian yang menjadi ciri khas disiplin ini: kegiatan untuk mempelajari sebab dan akibat dari fluktuasi penerimaan negara jangka pendek (siklus bisnis), dan kegiatan untuk mempelajari faktor penentu dari pertumbuhan ekonomi jangka panjang (peningkatan pendapatan nasional). Model makroekonomi yang ada dan prediksi-prediksi yang ada jamak digunakan oleh pemerintah dan korporasi besar untuk membantu pengembangan dan evaluasi kebijakan ekonomi dan strategi bisnis.

Makroekonomi meliputi berbagai konsep dan variabel, tetapi selalu ada tiga topik utama untuk penelitian makroekonomi. Teori-teori mengenai makroekonomi biasanya terhubung dengan fenomena keluaran, pengangguran dan inflasi. Di luar teori makroekonomi, topik-topik tersebut juga sangatlah penting untuk semua agen ekonomi termasuk pekerja, konsumen dan produsen.

Subjek

EKONOMI
 

Katalog

Makroekonomi : Teori Pengantar
9794214132
454hlm
Bahasa Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 1.000
Ya

Pengarang

Sadono Sukirno
Perorangan
 
 

Penerbit

Rajawali Pers
Jakarta
2016

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini