APLIKASI HASIL PERBANDINGAN ANTARA METODE K-NEAREST NEIGHBOR DAN NAÏVE BAYES DALAM KLASIFIKASI KUALITAS UDARA - WRAP Entrepreneurship (Capstone)

DIMAS RACHMANDHIKA SURYAWAN

Informasi Dasar

23.04.7365
004
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Pencemaran udara adalah masuknya atau dimasukannya zat, energi, dan atau komponen lain ke dalam udara oleh kegiatan manusia sehingga mutu udara turun sampai ke tingkat tertentu yang menyebabkan atau mempengaruhi kesehatan manusia. Pencemaran udara dapat ditimbulkan oleh sumber – sumber alami maupun dari kegitan manusia, seperti aktivitas pabrik hingga aktivitas kendaraan bermotor. Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU) adalah angka yang tidak mempunyai satuan yang mengggambarkan kondisi kualitas udara ambien dilokasi dan waktu tertentu yang dikeluarkan oleh kementrian lingkungan hidup dan kehutanan. Penetapan ISPU ini mempertimbangkan tingkat mutu udara terhadap kesehatan manusia, hewan, tumbuhan, bangunan dan nilai estetika. Indeks Standaer Pencemaran Udara (ISPU) ditetapkan berdasarkan 5 pencemar, yakni Karbon Monoksida (CO), Sulfur Dioksida (SO2), Nitrogen Dioksida (NO2), Ozon Permukaan (O3) dan Partikel Debu (PM10). Algoritma Naïve Bayes merupakan sebuah metode klasifikasi menggunakan metode probabilitas dan statistik yang dikemukakan oleh ilmuan Inggris Thomas Bayes. Algoritma Naïve Bayes memprediksi peluang dimasa depan berdasarkan pengalaman dimasa sebelumnya sehingga dikenal sebagai Teorema Bayes. Algoritma K-Nearest Neighbor (K-NN) adalah sebuah metode klasifikasi terhadap sekumpulan data berdasarkan pembelajaran data yang sudah terklasifikasi sebelumnya.

Tugas Akhir ini memiliki tujuan yaitu melakukan perbandingan antara beberapa algoritma yang ada pada machine learning dalam membandingkan keakuratan serta melakukan klasifikasi atau pengelompokkan udara berdasarkan kualitasnya.

Beberapa algoritma yang telah dipilih yaitu K-Nearest Neighbor dan Naive Bayes. Kedua algoritma ini sering sekali digunakan untuk pengujian klasifikasi dan regresi, oleh karena itu telah didapatkan ide untuk membandingkan kedua algoritma tersebut namun hanya pada batas klasifikasi saja.

Pada tugas akhir ini telah disajikan proses pembuatan dengan menggunakan android sebagai penampil hasil Analisa dari kedua metode diatas. Langkah pertama dimulai dengan tampilan awal aplikasi tersebut agar dapat memilih masing-masing kategori antara klasifikasi dengan KNN atau Naïve Bayes. Setelah memilih, maka langkah selanjutnya akan berpindah menuju tampilan hasil analisa kualitas udara dengan KNN dan Naïve Bayes.

Subjek

KLASIFIKASI
 

Katalog

APLIKASI HASIL PERBANDINGAN ANTARA METODE K-NEAREST NEIGHBOR DAN NAÏVE BAYES DALAM KLASIFIKASI KUALITAS UDARA - WRAP Entrepreneurship (Capstone)
 
iii,42p.;il,; pdf file
indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

DIMAS RACHMANDHIKA SURYAWAN
Perorangan
Meta Kallista, Randy Erfa Saputra
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Komputer
Bandung
2023

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini