PENGARUH KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL, LEVERAGE DAN LIKUIDITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi Kasus Perusahaan Sub Sektor Asuransi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2017-2022)

AZIDAN PUTRA SURYAWAN

Informasi Dasar

23.04.6048
657
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Nilai perusahaan dapat diindikasikan sebagai parameter kesuksesan dalam kinerja perusahaan yang dinilai dari pandangan investor dan tercermin juga dari tingkat harga saham perusahaan. Semakin tinggi harga saham akan menarik kepercayaan investor dalam menanamkan modal investasi bagi suatu perusahaan yang dapat meningkatkan nilai perusahaan. Memaksimalkan laba perusahaan yang berdampak tingginya kesejahteraan pemegang saham merupakan tujuan dari nilai perusahaan.

Penelitian ini dilaksanakan yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemilikan institusional (KI), leverage (DER) dan likuiditas (CR) terhadap nilai perusahaan yang diindikatorkan dengan Tobin’s Q pada perusahaan sub sektor asuransi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2017-2022.

Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan sub sektor asuransi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2017-2022. Teknik penentuan sampel yang dilakukan dengan menggunakan purposive sampling dan data sampel yang diperoleh yaitu sebanyak 78 sampel perusahaan yang terdiri dari 13 perusahaan dengan periode penelitian selama 6 tahun pada tahun 2017-2022. Namun, terdapat data outlier yang memiliki nilai berlebihan sehingga hasil akhir yang diperoleh sebanyak 72 sampel perusahaan yang terdiri dari 12 perusahaan. Penelitian ini dianalisis yaitu menggunakan analisis regresi data panel dengan menggunakan aplikasi software Eviews 12.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kepemilikan institusional, leverage dan likuiditas secara simultan berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Secara parsial kepemilikan institusional tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan, sedangkan leverage dan likuiditas berpengaruh signifikan dengan arah positif terhadap nilai perusahaan.

Bagi akademisi diharapkan menjadi tambahan pengetahuan baru terkait nilai perusahaan dengan objek penelitian sub sektor asuransi. Bagi peneliti selanjutnya disarankan untuk menambah variabel independen yang lainnya terkait nilai perusahaan. Bagi perusahaan khususnya perusahaan sub sektor asuransi diharapkan dapat menyajikan laporan keuangan secara lengkap dan menyeluruh untuk meningkatkan nilai perusahaan. Bagi investor disarankan dapat lebih selektif dalam menentukan perusahaan sub sektor asuransi sebagai tempat berinvestasi dengan melihat perusahaan tersebut memiliki nilai perusahaan yang baik dan dapat memberikan kesejahteraan bagi pemegang saham.

 

Kata kunci: Kepemilikan Institusional, Leverage, Likuiditas, Nilai Perusahaan

 

 

Subjek

ACCOUNTING
LEVERAGE,

Katalog

PENGARUH KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL, LEVERAGE DAN LIKUIDITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi Kasus Perusahaan Sub Sektor Asuransi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2017-2022)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

AZIDAN PUTRA SURYAWAN
Perorangan
Dwi Urip Wardoyo
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2023

Koleksi

Kompetensi

  • SA331052 - GOOD CORPORATE GOVERNANCE
  • EAI3103 - INVESTMENT
  • EAI3143 - MANAJEMEN RISIKO

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini