PENANAMAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA ANAK MELALUI MEDIA KOMIK DIGITAL INTERAKTIF

BIMO PRAKOSO PRIATMADJI

Informasi Dasar

13.04.621
741.5
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK

PENANAMAN PENDIDIKAN KARAKTER ANAK MELALUI MEDIA KOMIK DIGITAL INTERAKTIF

Oleh Bimo Prakoso Priatmadji 109300060

Isu pendidikan karakter merupakan isu yang sedang hangat, karena kurangnya pendidikan karakter dianggap sebagai salah satu penyebab berbagai masalah sosial di masyarakat Indonesia oleh para ahli. Bahkan Kementrian Pendidikan Indonesia pun mencanangkan pendidikan karakter sebagai kurikulum pendidikan sejak usia dini. Namun pada implementasinya, tidak semua sekolah dapat menanamkan nilai-nilai pendidikan karakter pada anak, oleh karena itu dibutuhkan suatu media yang dapat membantu menanamkan pendidikan karakter tersebut. Salah satu media yang dapat diterima anak-anak adalah komik, bahkan seiring dengan berkembangnya era digital komik pun hadir dalam format digital interaktif.

Perancangan ini dilakukan dengan fokus pada perancangan bentuk komik digital interaktif, beberapa nilai pendidikan karakter yang diperoleh dari teori dan data-data pendukung, serta analisis terhadap beberapa proyek sejenis. Strategi yang digunakan adalah mengemas beberapa nilai pendidikan karakter dalam bentuk komik digital interaktif.

Perancangan komik digital interaktif ini diharapkan dapat menjadi media yang membantu menanamkan nilai pendidikan karakter pada anak serta mendorong anak-anak untuk mengaplikasikan nilai-nilai tersebut. Lebih lanjut, perancangan ini diharapkan dapat menjadi referensi maupun landasan dalam pengembangan penelitian dan perancangan selanjutnya.

Kata kunci: pendidikan karakter, anak-anak, komik, digital interaktif.

Subjek

DIGITAL MEDIA
 

Katalog

PENANAMAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA ANAK MELALUI MEDIA KOMIK DIGITAL INTERAKTIF
 
xiii, 68p.: il.; 21,5 cm+lampiran
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

BIMO PRAKOSO PRIATMADJI
Perorangan
Dicky Hidayat ; Siska Noviaristanti
 

Penerbit

[ Library & Knowledge Center ] Institut Manajemen Telkom, DKV
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini