Pengaruh Kecukupan Modal, Likuiditas, Efisiensi dan Pangsa Pasar Dana Pihak Ketiga terhadap Profitabilitas (Studi Kasus Pada 10 Bank Terbesar Berdasarkan Asset dan Market Share Periode 2007-2011)

NINDYATMI PURWANTINI

Informasi Dasar

13.04.582
658.151 2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Perbankan merupakan lembaga yang kegiatan utamanya adalah penghimpun dana dari masayarakat kemudian menyalurkan kembali kepada masyarakat dalam bentuk kredit. Tujuan dari usaha perbankan yaitu untuk memperoleh keuntungan. Tingkat kemampuan bank dalam mendapatkan keuntungan salah satunya diukur dengan Return On Asset (ROA). Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui perkembangan kecukupan modal, Likuiditas, Efisiensi, PangsaPasar Dana PihakKetiga dan Profitabilitas pada 10 Bank Terbesar berdasarkan aset dan market share di Indonesia. (2) mengetahui bagaimana pengaruh Kecukupan Modal, Likuiditas, Efisiensi dan Pangsa Pasar Dana Pihak Ketiga secara simultan terhadap Profitabilitas. (3) mengetahui bagaimana pengaruh Kecukupan Modal, Likuiditas, Efisiensi dan Pangsa Pasar Dana Pihak Ketiga secara parsial terhadap Profitabilitas pada 10 Bank Terbesar Berdasarkan Aset dan Market Share di Indonesia. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif verifikatif dengan tipe analisis regresi data panel. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif yaitu laporan keuangan periode 2007-2011. Berdasarkan hasil penelitian, secara simultan berdasarkan uji F-statistik variabel kecukupan modal, likuiditas, efisiensi dan pangsa pasar dana pihak ketiga terbukti berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas bank pada tingkat signifikansi sebesar 0,039 kurang dari 0,05. Secara parsial hanya variabel pangsa pasar dana pihak ketiga yang terbukti berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas yang diukur dengan ROA pada tingkat signifikansi sebesar 0,0149 kurang dari 0,05. Sedangkan variabel kecukupan modal, likuiditas dan efisiensi tidak berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas yang diukur dengan ROA pada tingkat signifikan masing-masing sebesar 1,224902, 1,351079, dan -1,098337 yang lebih besar dari 0,05.

Kata kunci :Kecukupan Modal, Likuiditas, Efisiensi, PangsaPasar Dana PihakKetiga, Profitabilitas.

Subjek

FINANCIAL RATIOS
PROFITABILITY-FINANCIAL MANAGEMENT, CAPITAL, LIQUIDATION

Katalog

Pengaruh Kecukupan Modal, Likuiditas, Efisiensi dan Pangsa Pasar Dana Pihak Ketiga terhadap Profitabilitas (Studi Kasus Pada 10 Bank Terbesar Berdasarkan Asset dan Market Share Periode 2007-2011)
 
xii, 107p.: il.; 21,5 cm+ lampiran
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

NINDYATMI PURWANTINI
Perorangan
Norita
 

Penerbit

[ Library & Knowledge Center ] Institut Manajemen Telkom, MBTI
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini