PENGARUH WORD OF MOUTH COMMUNICATION TERHADAP PROSES KEPUTUSAN PEMBELIAN KOMPUTER TABLET TAHUN 2012 (STUDI KASUS DI BANDUNG)

ANDI NINDYA TRI ALDILA

Informasi Dasar

13.04.493
658.802
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Komputer tablet merupakan salah satu gadget yang populer pada saat ini sejak awal kemunculannya pada tahun 2010. Penjualan gadget ini pun kian meningkat sehingga menarik perhatian produsen-produsen lain baik dari luar maupun lokal untuk ikut memproduksi komputer tablet. Untuk menghadapi persaingan ini, para produsen komputer tablet pun perlu menerapkan beberapa startegi bisnis baru seperti word of mouth communication (WOMC). WOMC merupakan salah satu alternatif dalam komunikasi pemasaran yang dapat mempengaruhi sikap pembelian seseorang. WOMC berkaitan dengan pengalaman dan rekomendasi seseorang sehingga dinilai lebih kredibel dari sumber lainnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh word of mouth communication terhadap proses keputusan pembelian komputer tablet di Bandung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian desain riset kausal. Populasi dalam penelitian ini ialah pengguna komputer tablet di wilayah Bandung dengan pengambilan sampel menggunakan non-probabilitas dengan teknik insidental sampling. Penelitian ini menggunakan kuesioner dengan jumlah sampel yang diambil sebanyak 100 orang responden. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menggunakan analisis regresi linear sederhana menunjukkan bahwa WOMC berpengaruh terhadap proses keputusan pembelian konsumen dengan persamaan Y=4.669+0,365X. Variabel X mengacu pada WOMC dan variabel Y mengacu pada proses keputusan pembelian. Setelah data diolah, dihasilkan nilai (r) sebesar 0,540 dimana nilai ini tergolong cukup (tidak terlalu kuat). Kontribusi pengaruh WOMC terhadap proses pengambilan keputusan pembelian konsumen sebesar 29% dan sisanya 71% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Uji signifikansi uji-t menunjukkan terdapat hubungan antara word of mouth communication dan proses keputusan pembelian komputer tablet di Bandung. Sebaiknya produsen komputer tablet menciptakan media atau wadah dimana para konsumen dapat berkumpul untuk saling bertukar informasi dan berbagi pengalaman mereka mengenai komputer tablet. Selain itu, produsen dapat menciptakan produk dengan harga yang terjangkau pada segmen pasar dengan rentang umur 21-30 tahun. Tidak hanya itu, produsen komputer tablet dapat mempertahankan dan mengembangkan pengelolaan pelayanan customer service dan penggunaan media online mereka dengan baik .

Kata kunci : komunikasi pemasaran, word of mouth communication, proses pengambilan keputusan pembelian

Subjek

COMMUNICATION IN MARKETING
CONSUMER BEHAVIOR, MARKETING MANAGEMENT

Katalog

PENGARUH WORD OF MOUTH COMMUNICATION TERHADAP PROSES KEPUTUSAN PEMBELIAN KOMPUTER TABLET TAHUN 2012 (STUDI KASUS DI BANDUNG)
 
xv, 97p.: il.; 21,5 cm+lampiran
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ANDI NINDYA TRI ALDILA
Perorangan
R. Nurafni Rubiyanti, S.MB, MBA
 

Penerbit

[ Library & Knowledge Center ] Institut Manajemen TELKOM,Administrasi Bisnis
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini