Transfer Informasi Intra Industri di Sekitar Pengumuman Omisi Dividen (Studi pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2008-2010)

Retno Wulansari

Informasi Dasar

S.772
658.155
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Pengumuman dividen merupakan salah satu informasi yang harus segera diumumkan kepada masyarakat karena informasi ini dapat dijadikan ukuran dalam menilai prospek perusahaan di masa datang. Seperti halnya pengumuman inisiasi dividen maupun dividen saham, pengumuman omisi dividen diasumsikan tidak hanya direaksi oleh perusahaan yang melakukan pengumuman tersebut namun juga direaksi perusahaan lain yang tidak melakukan pengumuman. Peristiwa demikian disebut dengan Transfer Informasi Intra Industri. Penelitian ini bertujuan untuk menguji reaksi investor perusahaan nonreporter terhadap pengumuman omisi dividen (menguji ada tidaknya transfer informasi intra industri) serta menguji pengaruh tingkat risiko (risk), tingkat pertumbuhan (growth) dan tingkat kompetisi (competition) perusahaan reporter dalam industri terhadap besarnya transfer informasi intra industri. Sampel penelitian adalah perusahaan-perusahaan yang mengumumkan omisi dividen selama tahun 2008-2010. Sebanyak 8 perusahaan sebagai reporter dan 74 sebagai perusahaan nonreporter. Pengujian reaksi investor perusahaan reporter dan nonreporter dilakukan dengan metode event study. Pengujian atas pengaruh beberapa faktor terhadap besarnya transfer informasi intra industri dilakukan dengan model regresi berganda. Hasil pengujian menunjukkan terdapatnya reaksi investor perusahaan reporter yang positif signifikan pada (t+2) di sekitar tanggal pengumuman omisi dividen. Hasil pengujian reaksi investor perusahaan nonreporter menunjukkan terdapatnya reaksi investor perusahaan nonreporter pada (t-1), (t=0),(t+3) dan (t+5) sebagai bukti terjadinya transfer informasi intra industri yang disebabkan oleh competitive effect dan contangion effect. Pengujian dengan analisis regresi berganda menunjukkan baik secara simultan maupun parsial tingkat risiko (risk), tingkat pertumbuhan (growth) dan tingkat kompetisi (competition) yang dimiliki perusahaan reporter tidak berpengaruh signifikan terhadap reaksi investor perusahaan nonreporter yang dilihat dari besarnya CAR (Cumulative Abnormal Return) perusahaan nonreporter.

Kata Kunci: Transfer Informasi Intra Industri, Pengumuman Omisi Dividen, Perusahaan Reporter, Perusahaan Nonreporter

Subjek

DIVIDEND POLICY
DIVIDEND POLICY, INFORMATION INDUSTRY

Katalog

Transfer Informasi Intra Industri di Sekitar Pengumuman Omisi Dividen (Studi pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2008-2010)
 
xv, 79p.: il.; 21cm+ lampiran.
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 1.000
Tidak

Pengarang

Retno Wulansari
Perorangan
Prodi MBTI
 

Penerbit

IM Telkom
Bandung
2011

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini