PERANCANGAN PROGRAM KOMUNIKASI PEMASARAN ABON AYAM ASEP POS USAHA KECIL MENENGAH RIZKY JAYA ABADI PANGALENGAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE BENCHMARKING

MOHAMAD BANGUN WICAKSONO

Informasi Dasar

17.04.3324
658.421
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Usaha Kecil Menengah Rizky Jaya Abadi merupakan UKM yang memproduksi produk Abon Ayam dengan merk Asep Pos. UKM ini didirikan oleh ibu Tika pada tahun 2011. Saat ini lokasi penjualan produk Abon Ayam Asep Pos hanya terjual didaerah Pangalengan. Lokasi penjualan tersebut diantarannya yaitu warung, sekolah Madrasah Tsanawiyah 1, rumah makan Asti, rumah makan Citire dan rumah makan Panjang Sari. Produk Abon Ayam Asep Pos pernah mengikuti pameran selama satu kali yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia di tahun 2014. Selain itu, komunikasi pemasaran hanya dilakukan melalui keluarga, teman kantor, saudara dan tetangga terdekat dari rumah produksi UKM Rizky Jaya Abadi.

Penelitian ini menggunakan metode benchmarking untuk membandingkan kinerja aspek pasar dan kinerja program komunikasi pemasaran yang dijalankan antara produk Abon Ayam Asep Pos dan produk benchmark partner atau produk yang sejenis yang memiliki keunggulan dalam sisi kinerja aspek pasar dan program komunikasi pemasaran yang telah dijalankan. Setelah ditentukan produk benchmark partner dilakukan identifikasi mengenai program komunikasi yang dilakukan, kemudian ditentukan indikator sebagai parameter dalam pengukuran praktek yang telah dilakukan, selanjutnya identifikasi gap untuk menemukan perbedaan, dan terakhir menentukan target perbaikan untuk program komunikasi pemasaran yang baru bagi produk Abon Ayam Asep Pos.

Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh rancangan program komunikasi pemasaran yang baru untuk UKM Rizky Jaya Abadi pada produk Abon Ayam Asep Pos. Rancangan program komunikasi pemasaran tersebut, diusulkan berdasarkan kemampuan sumber daya yang dimiliki oleh UKM Rizky Jaya Abadi. Rancangan program komunikasi yang dapat diterapkan yaitu perbaikan area pemasaran, saluran distribusi produk melalui reseller, perbaikan kemasan produk, penggunaan media sosial fanpage facebook, promosi produk melalui program acara arisan.

Kata kunci : komunikasi pemasaran, benchmarking, benchmark partner, gap, reseller, fanpage facebook.

Subjek

MARKET MANAGEMENT
ENTREPRENEURIAL MARKETING,

Katalog

PERANCANGAN PROGRAM KOMUNIKASI PEMASARAN ABON AYAM ASEP POS USAHA KECIL MENENGAH RIZKY JAYA ABADI PANGALENGAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE BENCHMARKING
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MOHAMAD BANGUN WICAKSONO
Perorangan
YATI ROHAYATI, ATYA NUR AISHA
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2017

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini