PENGARUH CITRA DESTINASI TERHADAP KEPUASAN PENGUNJUNG WISATA PANTAI PANGANDARAN (Studi Pada Dinas Pariwisata Pangandaran Tahun 2017)

RIFKA JESICA PERMANA

Informasi Dasar

17.04.2800
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK

Kabupaten Pangandaran merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Barat yang memiliki berbagai destinasi wisata menarik. Sehingga Bekurangnya jumlah pengunjung ke Pantai Pangandaran disebabkan oleh kondisi objek wisata, aksesibilitas, kondisi sarana prasarana (hotel, restoran, art shop, money changer, pelayanan jaringan air bersih). Penyebab penurunan jumlah pengunjung juga dinilai karena masalah sosial lainnya. Hal ini dapat menggambarkan image yang tidak baik tentang pantai Pangandaran di mata wisatawan.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh citra destinasi wisata (Citra Destinasi) terhadap kepuasan pengunjung di Dinas Pariwisata Pangandaran. Citra Destinasi merupakan brand Image di dalam konteks pariwisata. Sedangkan kepuasan pelanggan merupakan suatu hal yang menjadi harapan perusahaan khususnya dibidang hospitaliti. Kepuasan pengunjung diperoleh apabila kebutuhan dan keinginan pengunjung terpenuhi, salah satunya adalah faktor Citra Destinasi. Hipotesis dari penelitian ini adalah “Citra Destinasi berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pengunjung”.

Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitian berupa studi desktiptif dan Verifikatif. melalui penyebaran kuesioner kepada 100 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan populasi yaitu wisatawan nusantara berasal dari luar Pangandaran. Analisis data ini menggunakan analisis deskriptif dan regresi linear sederhana.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variable Citra Destinasi berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan pengunjung wisata. Hasil pengujian dilakukan dengan uji parsial (uji t) dan menghasilkan kesimpulan bahwa hipotesis nol ditolak. Dengan begitu diketahui bahwa kepuasan pengunjung wisata dipengaruhi oleh Citra Destinasi.

Berdasarkan hasil penelitian, sebaiknya Pemerintah Daerah dan pelaku usaha pariwisata menjaga citra Wisata Pangandaran dan meningkatkan intensitas kunjungan wisatawan dengan cara mempromosikan semua jenis daya Tarik wisata.

Kata kunci: Citra Destinasi, Kepuasan Pengunjung, Pariwisata

Subjek

MARKETING MANAGEMENT
 

Katalog

PENGARUH CITRA DESTINASI TERHADAP KEPUASAN PENGUNJUNG WISATA PANTAI PANGANDARAN (Studi Pada Dinas Pariwisata Pangandaran Tahun 2017)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RIFKA JESICA PERMANA
Perorangan
R. NURAFNI RUBIYANTI
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2017

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini