Perencanaan dan Perancangan Arsitektur e-University Menggunakan Framework Zachman pada Domain Manajemen Aset

Evi Kufia Mahasanti

Informasi Dasar

116090106
006.7
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Perguruan tinggi sebagai organisasi pendidikan yang memanfaatkan teknologi informasi untuk penyampaian informasi ke civitas akademika membutuhkan perencanaan yang matang agar operasional proses bisnis di dalamnya berjalan efektif dan efisien. Hal ini yang melandasi adanya e-University. e-University menyediakan informasi, memberikan layanan bagi mahasiswa dan civitas akademika lainnya, serta sarana dalam mengelola kegiatan operasional akademik.
Salah satu fungsi yang mendukung dalam operasional akademik adalah manajemen aset. Manajemen aset ini mengelola aset perguruan tinggi mulai dari perencanaan, pengadaan, pemanfaatan, sampai penghapusan aset. Dalam penelitian tugas akhir ini dilakukan perencanaan dan perancangan untuk manajemen aset tetap. Perencanaan dan perancangan dalam penelitian tugas akhir ini menggunakan framewok Zachman.
Pengelolaan aset tetap di perguruan tinggi masih memiliki kendala. Dan dari hasil wawancara di Institut Teknologi Bandung, Universitas Indonesia, dan Universitas Gadjah Mada ditemukan bahwa pengelolaan aset masih mengalami kendala seperti kurang adanya komunikasi/koordinasi antara pihak perguruan tinggi dengan pihak pusat, panduan pencatatan aset yang kurang jelas, lamanya proses persetujuan dalam pengelolaan aset, seperti ketika proses penghapusan aset. Penelitian tugas akhir ini menghasilkan cetak biru arsitektur data, arsitektur aplikasi, arsitektur teknologi serta dokumen perancangan data, aplikasi dan teknologi.

perguruan tinggi, e-University, manajemen aset, framewok zachman, cetak biru

Subjek

WEB PROGRAMMING
 

Katalog

Perencanaan dan Perancangan Arsitektur e-University Menggunakan Framework Zachman pada Domain Manajemen Aset
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Evi Kufia Mahasanti
Perorangan
Seno Adi Putra, S.Si., MT.; Nia AMbarsari, S.Si., MT.
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini