PERANCANGAN IT GOVERNANCE UNTUK TELKOM UNIVERSITY DENGAN MENGGUNAKAN TOOL COBIT 5

Marina Elviria

Informasi Dasar

116090082
005
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Telkom University merupakan salah satu perguruan tinggi yang merupakan hasil merger dari empat institusi dibawah YPT yaitu Institut Teknologi Telkom, Institut Manajemen Telkom, Politeknik Telkom, dan STISI Telkom. Telkom University memiliki visi untuk mewujudkan universitas berkelas dunia (World Class University), maka untuk dapat mewujudkan hal tersebut dibutuhkan sebuah tata kelola TI (IT Governance) yang dapat membantu Telkom University dalam menyelaraskan TI dengan tujuan bisnis, pemanfaatan sumber daya, mitigasi risiko, serta penyampaian nilai TI. Berdasarakan kondisi tersebut maka dilakukan perancangan tata kelola TI (IT Governance) untuk Telkom University yang merupakan fase architecture vision pada framework TOGAF ADM.

Perancangan tata kelola TI didukung dengan Control Objectives for Information and Related Technology (COBIT) versi 5. COBIT merupakan suatu kerangka kerja untuk tata kelola IT (IT Governance Framework). COBIT dapat mempermudah perkembangan peraturan yang jelas dan praktik baik (good practice) dalam mengendalikan TI di organisasi.

Berdasarkan mapping dokumen pengembangan Telkom University dengan COBIT maka diperoleh proses yakni EDM 02, EDM 04 dan EDM 05. Setelah dilakukan assessment terhadap keempat institusi terkait maka dihasilkan IT Telkom yang akan dijadikan eksisting untuk dilakukan rekomendasi. IT Telkom berada pada level 1 pada domain EDM 02,04 dan 05 dengan kepatuhan sebesar 82%,80% dan 84%.

Hasil perancangan tata kelola TI berupa penerapan komite TI yang merupakan aspek IT Leadership, pembuatan rekomendasi perancangan struktur organisasi TI, dan perancangan model tata kelola TI pada pemastian delivery keuntungan, pemastian optimasi sumber daya TI dan pemastian pelaporan stakeholder berupa kebijakan dan prosedur. COBIT, IT Governance

Subjek

COMPUTER APPLICATIONS
 

Katalog

PERANCANGAN IT GOVERNANCE UNTUK TELKOM UNIVERSITY DENGAN MENGGUNAKAN TOOL COBIT 5
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Marina Elviria
Perorangan
Murahartawaty, S.T, M.T; Ridha Hanafi, S.T, M.T
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini