PEMBUATAN SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN DIGITAL BERBASIS WEBSITE MENGGUNAKAN METODE WATERFALL DI ITJEN KEMHAN RI

Chassandra Queenie Luciaparie Arasyitta

Informasi Dasar

116081029
006.76
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Perpustakaan ItJen KemHan mempunyai peranan penting bagi seluruh personil ItJen KemHan dalam membantu menjalankan tugas pokoknya. Seluruh koleksi yang ada di Perpustakaan ItJen KemHan digunakan sebagai referensi dan acuan dasar untuk melakukan audit, me-review, mengevaluasi, dan menyusun laporan hasil pengawasan di lingkungan Kementerian Pertahanan. Untuk membantu mempermudah pekerjaan staff ItJen KemHan telah berjalan aplikasi library management system (automasi perpustakaan) di dalam portal internal ItJen. Kekurangan yang ada pada aplikasi library management system yaitu beberapa proses yang ada masih dilakukan secara manual, sehingga memakan waktu dan tenaga. Menurut keputusan yang ada perpustakaan ItJen KemHan akan dibuka untuk umum dan diperlukan juga sebuah pengembangan sistem perpustakaan yang bisa digunakan tidak hanya untuk personil ItJen KemHan tapi juga untuk masyarakat.

Pengembangan yang dilakukan yaitu membuat sistem informasi perpustakaan digital pada ItJen Kemhan dengan integrasi antara digital library system dan library management system (automasi perpustakaan). Digital library system memberikan kontribusi pada pengembangan digital resource sehingga digital resource dapat diakses melalui internet tanpa mengenal waktu dan tempat sedangkan library management system memberikan kontribusi pada perkembangan otomatisasi pengolahan data keanggotaan, sirkulasi dan katalog. Sistem ini dibuat dengan menggunakan metode pengembangan sistem waterfall. Tahapan yang dilakukan dalam pengembangan waterfall dalam penelitian ini yaitu analisis, desain, coding dan testing.

Hasil yang didapatkan dalam pengembangan sistem ini yaitu terbentuknya suatu sistem perpustakaan digital berbasis website yang efektif dan efisien. Sistem ini telah diuji dengan metode blackbox testing dan user interface testing dan dapat memberi solusi dari masalah yang dihadapi sebelumnya. Saran yang diberikan untuk penelitian selanjutnya sebaiknya proses sirkulasi menggunakan barcode scanner, dan dilakukan pelatihan terlebih dahulu dalam mengoperasikan sistem yang baru agar sistem dapat berfungsi secara optimal.
sistem informasi, integrasi, digital library system, library management system,

Subjek

WEB PROGRAMMING
 

Katalog

PEMBUATAN SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN DIGITAL BERBASIS WEBSITE MENGGUNAKAN METODE WATERFALL DI ITJEN KEMHAN RI
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Chassandra Queenie Luciaparie Arasyitta
Perorangan
Yuli Adam Prasetyo, ST., MT; Warih Puspitasari, S.Psi., M.Psi
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini