PENGONTROLAN ROBOT MOBIL PENGIKUT OBJEK BERUPA WARNA MELALUI INSTRUKSI SISTEM OPERASI ANDROID

ORI AGUNG SUGIARTO

Informasi Dasar

115090101
629.892
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

v ABSTRAK Jenis robot yang banyak dikembangkan saat ini adalah robot mobil. Robot mobil yang mampu mengikuti objek berupa lintasan garis hitam adalah salah satu diantaranya. Pada tugas akhir ini penulis membuat robot mobil yang mampu mengikuti jalur khusus berwarna merah, oranye dan hijau secara otomatis. Robot mobil yang dirancang oleh penulis diaktifkan melalui instruksi A ndroid O perating S ystem .

Sensor warna pada robot mobil berupa LED dan phototransistor memberikan informasi warna yang terdeteksi ke mikrokontrol ler, kemudian mengendalikan putaran motor DC . Jika sensor robot mobil mendeteksi jalur ber warna merah maka robot mobil akan berhenti, jika mendeteksi jalur ber warna oranye robot mobil akan mengurangi kecepatannya. Terakhir, jika mendeteksi jalur ber warna h ijau, maka robot mobil akan melaju dengan kecepatan optimalnya. Integrasi antara hardware dan software menghasilkan suatu robot mobil, yang mampu melakukan komunikasi serial dengan telepon seluler bersistem operasi Android menggunakan bluetooth. Pengguna dapat memberikan instruksi kepada robot mobil untuk melakukan pergerakkan secara manual atau otomatis melalui Graphical User Interface (GUI) pada aplikasi Android yang dibuat.

Dari hasil pengujian sistem di peroleh tingkat ketidakberhasilan k omuni kasi menggunakan bluetooth antara telepon seluler bersistem operasi Android dengan robot mobil pada jarak ±1 meter dan ±3 meter , yaitu sebesar 0 %. Kerja otomatis robot berfungsi dengan baik, terlihat dari perubahan nilai tegangan output driver motor saat dihadapkan pada objek warna yang berbeda memiliki tingkat akurasi sebesar 100%. A ndroid O perating S ystem ( Android OS ), komunikasi serial, Graphical User Interface ( GUI )

Subjek

Robot - microcontroller
 

Katalog

PENGONTROLAN ROBOT MOBIL PENGIKUT OBJEK BERUPA WARNA MELALUI INSTRUKSI SISTEM OPERASI ANDROID
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ORI AGUNG SUGIARTO
Perorangan
Porman Pangaribuan; Budi Setiadi
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini