PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI SISTEM ELEKTROKARDIOGRAF (EKG) DUA BELAS SADAPAN

Susilawati Nurindrapraja

Informasi Dasar

115090062
621.382 2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Elektrokardiograf (EKG) merupakan peralatan medis yang digunakan secara luas untuk mengukur aktivitas elektris dari jantung dengan mengukur perbedaan biopotensial. Gangguan pada jantung dapat diketahui dengan menganalisa sinyal keluaran dari elektrokardiograf atau disebut elektrokardiogram. Biasanya elektrokardiogram yang dianalisa diperoleh dari elektrokardiograf tiga sadapan (lead) saja berdasarkan teknik Vectocardiogram dan siyal yang ditampilkan pada layar komputer hanya satu lead. Namun, hasil analisa menjadi kurang akurat. Karena itu pada proyek besar tugas akhir ini dirancang sistem EKG dua belas lead berdasarkan clinical standard dan kedua belas lead dapat ditampilkan pada komputer, sehingga hasil analisa elektrokardiogram menjadi lebih akurat.

Tugas akhir ini bertujuan untuk membuat perangkat penampil sinyal EKG pada layar komputer. Dua belas sinyal EKG dapat dianalisa melalui komputer. Data ADC diterima dari mikrokontroler melalui komunikasi serial. Selanjutnya data ADC yang diterima di komputer di-demultiplexing sesuai dengan lead masing-masing yaitu lead 1 sampai lead V6 dan ditampilkan dalam bentuk sinyal EKG. Aplikasi dirancang dengan menggunakan bahasa pemrograman Java dan menggunakan perangkat lunak Netbeans 7.0.1.

Hasil akhir yang dicapai dari perancangan Tugas Akhir ini adalah data ADC EKG dua belas lead dari mikrokontroler berhasil di-demultiplexing dan ditampilkan pada layar komputer sesuai dengan lead masing-masing yaitu lead 1 sampai lead V6 dalam bentuk sinyal EKG. Jantung, EKG, lead, aplikasi, Java

Subjek

Signal processing - system analysis
 

Katalog

PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI SISTEM ELEKTROKARDIOGRAF (EKG) DUA BELAS SADAPAN
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Susilawati Nurindrapraja
Perorangan
Achmad Rizal; Sugondo Hadiyoso
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini