PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI ALAT PENGUKUR TEKANAN DARAH DENGAN MENGGUNAKAN METODE PLETHYSMOGRAPHYPADA ANDROID

Anggraini Rizky Ramadhani

Informasi Dasar

115090050
681.2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Alat – alat penunjang untuk membantu kinerja paramedis dalam mengukur tekanan darah manusia yang ada selama ini masih sedikitvariasinya.Pada umumnya perancangan alat pengukur tekanan darah manusia yang biasa dipakai oleh paramedis terdiri dari manset, bulb/pemompa, tabung kaca pengukur, valve on/off, dan tabung air raksa.

Dalam tugas akhir ini, telah dirancang suatu alat untuk mengukur tekanan darah manusia dengan metode plethysmographydan menggunakan Photoplethysmograph (PPG) yang merupakan instrumen plethysmography yang menggunakan sensor optik. Sinyal yang diterima oleh Plethysmography akan dikuatkan menggunakan penguat. Selanjutnya sinyal yang telah dikuatkan oleh penguat akan di filter untuk membuang derau atau sinyal yang tidak diinginkan. Setelah di saring oleh LPF maka sinyal akan diolah menggunakan mikrokontroller ATMega 8. Selanjutnya dibuat interfacing dan output untuk menampilkan hasil pengukuran tekanan darah tersebut yang disini akan di tampilkan menggunakan aplikasi Android.Untuk membuat tampilan pada aplikasi android digunakan Software Eclipse. Untuk pengujian akurasi alat, digunakan metode perbandingan alat dengan tensimeter yang sudah ada di pasaran,yaitu dengan pengambilan beberapa sample dengan menggunakan kedua alat tersebut lalu hasilnya akan dibandingkan

Dari hasil pengujian sistem alat pengukur tekanan darah ini telah di dapatkan nilai akurasi untuk nilai sistolik adalah sebesar 98,97% dan nilai distolik sebesar 75,61%.Perhitungan nilai Sistolik, Distolik, dan persamaan yang didapat dari hasil regresi linier pada sistem ini bukanlah perhitungan dan persamaan yang sudah tetap.

Tekanan darah,Photoplethysmograph, plethysmograph

Subjek

SENSOR
 

Katalog

PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI ALAT PENGUKUR TEKANAN DARAH DENGAN MENGGUNAKAN METODE PLETHYSMOGRAPHYPADA ANDROID
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Anggraini Rizky Ramadhani
Perorangan
Achmad Rizal; Unang Sunarya
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini