PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI KONTROL KECEPATAN SERTA ARAH ROTASI MOTOR DC BRUSHLESS 3-FASA PADA MOBIL LISTRIK MENGGUNAKAN METODE PROPORSIONAL INTEGRATIF DERIVATIF (PID)

DWI DANANG HERMAWAN

Informasi Dasar

115080069
629.89
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Pemanasan global atau global warming sudah menjadi suatu masalah yang melekat di setiap negara di seluruh dunia. Dampak serius yang ditimbulkan dari pemanasan global antara lain kenaikan suhu bumi secara merata, kenaikan air laut, dan pencemaran udara yang semakin tidak terkendali. Disamping itu, untuk negara berkembang, salah satunya Indonesia, dewasa ini masyarakat dirisaukan dengan kenaikan harga bahan bakar minyak yang dianggap sangat merugikan, khususnya bagi para pengguna kendaraan bermotor.
Tugas akhir ini bertujuan untuk merancang dan mengimplementasikan mobil listrik dengan memanfaatkan teknologi kontrol kecepatan dan arah rotasi motor Direct Current (DC) brushless 3-fasa. Diharapkan mobil listrik ini dapat menjadi salah satu inovasi teknologi ramah lingkungan yang tidak bergantung dengan penggunaan bahan bakar minyak.
Dalam sistem ini, digunakan satu buah motor DC brushless 3-fasa sebagai salah satu dari dua penggerak utama disisi kanan ban mobil belakang, empat buah aki kering 12 volt sebagai sumber tenaga, satu buah rangkaian inverter bridge dan dua buah sismin ATMEGA 8535 sebagai driver, sekaligus controller yang berfungsi untuk mengontrol kecepatan serta arah rotasi motor DC brushless. Untuk estimasi posisi rotor serta feedback digunakan hall effect magnetic sensor. Kemudian untuk kontrol kecepatan pada motor DC brushless 3-fasa digunakan metode Proporsional Integratif Derivatif (PID), sedangkan implementasi software dan mikrokontroler digunakan bahasa pemrograman C.
motor listrik, kontrol kecepatan, arah rotasi, motor DC bruhless 3-fasa, Proporsional Integratif Derivatif (PID).

Subjek

Computer control
 

Katalog

PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI KONTROL KECEPATAN SERTA ARAH ROTASI MOTOR DC BRUSHLESS 3-FASA PADA MOBIL LISTRIK MENGGUNAKAN METODE PROPORSIONAL INTEGRATIF DERIVATIF (PID)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

DWI DANANG HERMAWAN
Perorangan
Ekki Kurniawan; Pratikto
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini