PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI SISTEM PENDETEKSI PLAT NOMOR KENDARAAN BERMOTOR BERBASIS MICKROPROSESOR DENGAN MENGGUNAKAN METODE PHASE ONLY CORRELATION (POC)

Harrio Bobryans Saputra

Informasi Dasar

114080065
006.3
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi pada masa ini semakin banyak memberikan kemudahan dalam kehidupan manusia. Dimana segala hal sudah menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang membuat pekerjaan manusia dapat dikerjaan dengan mudah tanpa harus membuang tenaga dan mempersingkat waktu. Berbagai alat rumah tangga hingga alat kerja kantor sudah banyak mengimplementasikan ilmu pengetahuan dan teknologi, sehingga pekerjaan manusia jauh lebih ringan dan mudah. Sebagai salah satu contoh adalah sistem buka tutup portal prakiran secara otomatis, yang mengizinkan plat nomor yang terdaftar saja untuk mengaksesnya.

Dalam tugas akhir ini dirancang suatu sistem aplikasi yang mampu menganalisis citra plat kendaraan bermotor, sehingga dapat mengenali plat kendaraan bermotor. Pada tahap prepocessing, dilakukan image processing seperti grayscale, threshold, canny edge detector dan segmenasion. Setelah itu dilakukan pengubahan nilai piksel plat nomor menjadi sinyal diskrit dengan DFT serta pada proses pencocokan citra plat nomor mengunakan metode POC. Hasil pendeteksian dengan POC mengirimkan sinyal ke micro untuk membuka portal, jika plat yang dikenali sesuai dari hasil POC.

Dari hasil pengujian yang dilakukan didapatkan nilai persentasi keakuratan sebesar 71,5%. Persentasi itu diperoleh dari nilai standar POC sebesar 0,6819882. Proses ini dicoba pada empat kondisi alam, yaitu pagi, siang sore dan malam hari. Percobaan pada pagi hari menghasilkan persentasi keakurasian sebesar 77%. Percobaan pada siang hari menghasilkan persentasi keakurasian sebesar 64%. Percobaan pada sore hari nilai keakurasian mencapai 78%. Dan percobaan pada malam hari nilai keakurasian mencapai 67%. plat nomor kendaraan bermotor, DFT, POC

Subjek

ARTIFICIAL INTELLIGENCE
 

Katalog

PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI SISTEM PENDETEKSI PLAT NOMOR KENDARAAN BERMOTOR BERBASIS MICKROPROSESOR DENGAN MENGGUNAKAN METODE PHASE ONLY CORRELATION (POC)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Harrio Bobryans Saputra
Perorangan
Astri Novianty, ; Muhammad Nasrun,
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini