USULAN PERBAIKAN PERANCANGAN LAYOUT GUDANG MENGGUNAKAN ALGORITMA CORELAP PADA GUDANG PABRIK SLAB BAJA 1 PT. XYZ

Nita Aprilianti

Informasi Dasar

112090200
658.785
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Gudang memiliki fungsi yang penting dalam menjaga kelancaran operasi produksi suatu pabrik. Gudang harus dirancang agarbarang dapat disimpan di dalam gudang secara optimal. Pemanfaatan ruang yang kurang optimal akan menyebabkan penempatan produk yang tidak teratur. Hal ini terjadi pada gudang Slab Steel Plant (SSP) 1 PT. XYZ.Kondisi eksisting menunjukkan bahwa rata-rata utilitas gudang pada tahun 2012 sebesar 140%. Tingginya utilitas gudang tersebut dapat disebabkan oleh beberapa hal, yaitu pengalokasian kapasitas blok rework yang tidak maksimal. Selain itu, kebijakan penyimpanan pada blok finished goodyang randomdan penempatan slab baja yang tidak teratur.
Perhitungan menggunakan algoritma CORELAP digunakan untuk merancang tata letak blok finished good dan merancang ulang kapasitas blok rework. Algoritma CORELAP mendekatkan blok-blok yang mempunyai hubungan kedekatan beradasarkan Activity Relationship Chart (ARC).
Dari penelitian ini, rancangan tata letak blok finished gooddengan menggunakan kebijakan dedicated storageserta blok reworkmenghasilkanpeningkatan kapasitas gudang sebesar 3,5 % serta penghematan biaya operasional material handling sebesar 8,9 %. Gudang , Tata Letak, Kebijakan Dedicated Storage,Algoritma Corelap

Subjek

STORAGE
 

Katalog

USULAN PERBAIKAN PERANCANGAN LAYOUT GUDANG MENGGUNAKAN ALGORITMA CORELAP PADA GUDANG PABRIK SLAB BAJA 1 PT. XYZ
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Nita Aprilianti
Perorangan
MIra Rahayu, Budi Santosa
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini