Perancangan Aplikasi Penentuan Rute Transportasi Optimal Di PT Sumber Alfaria Trijaya Cileungsi

ADHITYA SURYA PAMBUDI

Informasi Dasar

112080016
629.04
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Transportasi adalah kegiatan berpindah dari tempat satu ke tempat lain. Proses ini penting bagi perusahaan, terutama untuk mengirimkan produk dari perusahaan ke pelanggan. Tapi proses ini sama sekali tidak memberikan nilai tambah bagi produk, bahkan sangat membebani perusahaan. Oleh karena itu, proses ini harus dilakukan seminimal mungkin.

PT Sumber Alfaria Trijaya Cileungsi adalah distribution center Alfamart yang berkewajiban mengirimkan barang dari gudang ke 298 outlet di Jakarta Utara, Jakarta Timur, Jakarta Pusat, dan Bekasi. Sistem eksisting di perusahaan tidak memiliki perhitungan khusus untuk menentukan rute pengiriman. Pengiriman dilakukan sesuai jadwal dengan 2 outlet menjadi tujuan. Akibatnya total jarak rute yang ada sangat besar dan terdapat banyak ruang kosong di dalam truk. Seharusnya diberikan lebih banyak outlet sebagai tujuan pada tiap rute tapi sistem tidak dapat menghitung total volume barang permintaan outlet.

Perancangan aplikasi ini menggunakan formulasi dengan fungsi tujuan untuk meminimasi total jarak tiap rute dan total volume permintaan kombinasi outlet tidak boleh melebihi kapasitas truk sebagai kendala utamanya sebagai inti aplikasi. Algoritma Tabu Search digunakan sebagai metode pencarian fungsi tujuan.

Penelitian ini menggunakan 4 data, yaitu data barang, outlet, matrik jarak, dan volume truk. Data permintaan diperoleh dari data barang dan outlet. Data koordinat dari matrik jarak dan kapasitas truk dari volume truk dan allowance.

Setelah outlet mengajukan permintaan barang, sistem akan menghitung total volume permintaan tiap outlet. Bersama kapasitas truk dan data koordinat, data ini akan dimasukkan pada proses pencarian rute optimal menggunakan Algoritma Tabu Search sesuai dengan formulasi.
Transportasi, Distribution center, Aplikasi, Algoritma Tabu Search

Subjek

TRANSPORTATION MANAGEMENT
 

Katalog

Perancangan Aplikasi Penentuan Rute Transportasi Optimal Di PT Sumber Alfaria Trijaya Cileungsi
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ADHITYA SURYA PAMBUDI
Perorangan
Dr. Dida Diah Damayanti, Ir., M.Eng; Mardiaynto Wiyogo, ST
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini