Perancangan Sistem E-Commerce Penjualan E-Book Berbasis Web

Alvin Anindya Sapi'ie

Informasi Dasar

112060041
380
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Harga-harga kebutuhan dasar yang terus meningkat menyebabkan semua aspek kehidupan terkena dampaknya, terutama masalah pendidikan. Harga dasar kertas yang mahal, menyebabkan harga buku juga ikut naik. Permasalahan tidak hanya terletak pada konsumen, tapi produsen buku pun merasakan akibatnya. Percetakan buku mensyaratkan jumlah minimal dalam satu kali proses percetakan buku. Penulis yang belum mempunyai modal untuk mencetak buku, pasti tidak akan sanggup menanggung harga percetakan yang rata-rata tiap percetakan mensyaratkan tiga ribu buah buku per sekali cetak. Penerbit buku pun harus mengeluarkan biaya-biaya yang bisa menguras profit penerbit tersebut, diantaranya adalah : biaya pemasaran, biaya penyimpanan, dan biaya lain-lain. Munculnya e-book, membuat persaingan baru antara buku cetak dan buku elektronik.

Dalam penelitian akhir ini, peneliti akan menawarkan sebuah sistem ecommerce yang mengintegrasikan beberapa entitas yang berkaitan dengan penjualan e-book. Model yang dirancang pada sistem ini adalah mengintegrasikan antara penulis, konsumen, dan pengelola. Ketiga entitas ini akan saling berhubungan dalam proses jual beli e-book ini. Entitas luar yang berhubungan dengan sistem ini adalah bank. Namun bank ini belum bisa penulis integrasikan secara nyata. Sebelum dilakukan perancangan sistem, penulis melakukan identifikasi kebutuhan sistem, yang terdiri dari studi lapangan, studi literature, dan identifikasi itu sendiri. Setelah mengetahui semua kebutuhan sistem, barulah penulis melakukan perancangan sistem yang terdiri dari desain sistem dan pengkodean. Setelah sistem terbentuk, barulah penulis melakukan pengujian sistem dari segi fungsionalitasnya.

Dari hasil anlisa dan pengujian diperoleh kesimpulan bahwa, sistem ini bisa membantu ketiga entitas yang terkait dalam web ini dalam produksi hasil tulisan, pemasaran e-book, dan pembelian e-book. Penulis bisa melakukan upload hasil tulisannya dalam bentuk PDF dan melakukan bagi hasil profit dengan pengelola. Konsumen bisa melakukan transaksi pembelian dengan menghemat waktu dan biaya. Pengelola bisa menghemat biaya penyimpanan dan ruangan. Semua entitas bisa diuntungkan dalam sistem ini.

Saran yang bisa diberikan untuk penelitian yang selanjutnya adalah melakukan perancangan model bisnis untuk sistem yang sudah penulis buat. Model bisnis sangat penting untu mengetahui kelayakan suatu sistem. Selain itu, sistem ini seharusnya bisa dihubungkan dengan bank sebagai media pembayaran. Sehingga pengelola tidak perlu mengecek rekening secara manual. Namun sdah tercantum dalam database, dan pengelola bisa mengecek melalui sistem ini. sistem, e-commerce, perancangan, e-book

Subjek

SYSTEM DESIGN
 

Katalog

Perancangan Sistem E-Commerce Penjualan E-Book Berbasis Web
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Alvin Anindya Sapi'ie
Perorangan
Avon Budiyono, ST., MT.; -
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2010

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini