USULAN TARIF LAYANAN SPEEDY PAKET FAMILY SEMI UNLIMITED MENGGUNAKAN METODE VALUE BASED PRICING DAN COST BASED PRICING

Dewa Ayu Mery Agustin

Informasi Dasar

112060012
658.809
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Meningkatnya kebutuhan internet saat ini mengakibatkan peningkatan jumlah pemakai internet setiap tahunnya di seluruh dunia khususnya di Indonesia. Salah satu Internet Service Provider (ISP) di Indonesia adalah Speedy. Oleh karena pengguna internet di Indonesia khususnya di kota besar seperti Bandung didominasi oleh pelajar dan mahasiswa yang kuota penggunaan internetnya terbatas maka penelitian difokuskan ke layanan Speedy paket Family Semi Unlimited dengan kecepatan 384 kbps. Segmen pasar pelajar dan mahasiswa sensitif terhadap tarif sehingga perusahaan harus dapat menentukan strategi tarif yang sesuai dengan value produk bagi pelanggan dan juga profit bagi perusahaan.
Perhitungan tarif menggunakan dua metode yaitu value based pricing dan cost based pricing. Value based pricing adalah metoda penetapan harga produk berdasarkan persepsi pelanggan, dimana perusahaan akan menentukan seberapa berharganya suatu produk bagi pelanggan. Tujuannya untuk menghindari penetapan harga yang terlalu tinggi maupun terlalu rendah dari kemauan bayar pelanggan, jika mereka mengetahui benefit yang bisa mereka dapatkan dari penggunaan suatu produk atau jasa. Cost Based Pricing adalah metoda penetapan harga produk atau jasa yang menggunakan biaya langsung, biaya tidak langsung, fixed dan variable cost yang berhubungan dengan produksi dan penjualan produk.
Data untuk penelitian yaitu data sekunder yaitu informasi dari perusahaan atau internet dan media lainnya serta data primer yaitu berupa wawancara dan kuesioner untuk konsumen Speedy dan Telkomsel Flash. Kuesioner disebarkan sebanyak 210 kuisioner kepada masing – masing konsumen Speedy Family Semi Unlimited dan Telkomsel Flash Paket Basic di kota Bandung.
Hasil penelitian ini menghasilkan usulan tarif Speedy paket Family Semi Unlimited yang didapatkan dari mempertimbangkan tarif Speedy, kompetitor, Perceptual Mapping Position, dan Customer Willingnes To Pay. Dari hasil penelitian ini pula pihak PT. Telkom, Tbk. dapat menentukan tarif yang sesuai dengan keinginan dan kemampuan konsumen dan juga profit bagi perusahaan . Tarif, Cost Based Pricing, Value Based Pricing

Subjek

SERVICE
 

Katalog

USULAN TARIF LAYANAN SPEEDY PAKET FAMILY SEMI UNLIMITED MENGGUNAKAN METODE VALUE BASED PRICING DAN COST BASED PRICING
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Dewa Ayu Mery Agustin
Perorangan
BUDI PRAPTONO, MUMU NATAPRIATNA
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2011

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini