RANCANG BANGUN SISTEM KONTROL POSISI BOLA PADA BIDANG DATAR MENGGUNAKAN METODE KONTROL PID

RAFIQAH RAHIM

Informasi Dasar

16.04.1871
620.007
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTARK

Saat ini, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi menjadi lebih rumit. Terutama untuk mempelajari pengetahuan tentang sistem kontrol. Kita membutuhkan instrumen pembelajaran seperti simulator atau alat peraga yang dapat membantu kita menggambarkan kerja dari sistem kontrol real-time. Jadi, siswa tidak hanya tahu teori dengan pemodelan matematika tetapi juga bisa melihat sistem nyata ketika mempelajari sistem kontrol terutama tentang Pengendalian PID

Ada banyak cara untuk membantu siswa belajar sistem kontrol PID dalam mengendalikan tanaman. Sistem ini menggunakan National Instruments Labview untuk memproses kontrol PID dan pengolahan gambar. Posisi bola di piring persegi diproses oleh pengolahan citra untuk menciptakan set point dan umpan balik dengan menggunakan modul NI-IMAQ. Sistem ini menunjuk bola untuk mencapai set point koordinat dengan menggerakkan piring dengan dua motor servo di bawahnya. Pergerakan motor servo berdasarkan output kontrol PID. Untuk perangkat output dari PC ke motor, kami menggunakan NI DAQ-6008 dan mikrokontroler untuk menggerakkan motor servo.

Kontrol PID digunakan untuk mengurangi kesalahan sistem sehingga bola mendekati koordiant yang tepat. Berdasarkan umpan balik kita tahu posisi terakhir dari bola. Error digunakan untuk membuat gerakan motor servo. Jadi bola berada pada posisi sesuai dengan set point, yaitu titik (0,0) pada bidang.

Kata Kunci: National Intrument, PID control, Labview, NI-DAQ.

Subjek

CONTROL SYSTEMS
 

Katalog

RANCANG BANGUN SISTEM KONTROL POSISI BOLA PADA BIDANG DATAR MENGGUNAKAN METODE KONTROL PID
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RAFIQAH RAHIM
Perorangan
ERWIN SUSANTO, IG. PRASETYA DWI WIBAWA
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2016

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini