PERANCANGAN TEKNIK DIGITAL AUDIO WATERMARKING BERBASIS METODE DISCRETE WAVELET TRANSFORM (DWT) DAN DISCRETE COSINE TRANSFORM (DCT) DENGAN MENGGUNAKAN QUANTIZATION INDEX MODULATION (QIM)

MUHAMMAD FAUZAN RINDRA PUTRA

Informasi Dasar

16.04.1847
001.64
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Dengan berkembangnya teknologi informasi terutama pada internet dan multimedia, pengiriman dan penyebaran media digital menjadi lebih mudah dilakukan. Hal ini menyebabkan seringnya terjadi pelanggaran hak cipta dan hak kepemilikan, seperti mengambil dan memodifikasi data multimedia tersebut secara ilegal. Untuk mengatasi masalah ini, maka digital watermarking dibutuhkan. Teknik watermarking berguna untuk identifikasi pemilik, perlindungan hak cipta, penentuan keaslian data, dan pemantauan data. Terdapat beberapa metode watermarking yang telah digunakan, yaitu DFT (Discrete Fourier Transform), DWT (Discrete Wavelet Transform), DCT (Discrete Cosine Transform), LSB (Least Significant Bit), dan sistem lainnya. Tugas akhir ini akan membahas perancangan teknik watermarking dengan metode DWT (Discrete Wavelet Transform) dan DCT (Discrete Cosine Transform) dengan menggunakan QIM (Quantization Index Modulation) sebagai metode penyisipan data. Host audio akan dibagi menjadi beberapa frame dengan menggunakan DWT level 5, kemudian metode DCT dilakukan untuk setiap koefisien di frame-frame tersebut. Proses penyisipan informasi bit dilakukan dengan metode QIM. Tugas akhir ini akan diuji dengan beberapa parameter yaitu, BER (Bit Error Rate), SNR (Signal to Noise Ratio), PEAQ (Perceptual Evaluation of Audio Quality) yang berdasarkan ODG (Objective Difference Grade) dan MOS (Mean Opinion Score). Hal yang diharapkan pada tugas akhir ini adalah sistem watermarking dengan hasil watermarking yang tidak terdengar dengan nilai BER = 0, SNR 30-50 dB, ODG -2 sampai 0 dan nilai MOS 4 saat tidak terjadi serangan. Metode ini juga diharapkan menghasilkan sistem watermarking yang robust terhadap beberapa serangan yang akan dilakukan dan hasil ekstraksi yang mirip dengan host audio.

Kata Kunci: Watermarking, Audio Watermarking, Discrete Wavelet Transform (DWT), Discrete Cosine Transform (DCT), Quantization Index Modulation (QIM)

Subjek

Audio, Speech and Language Processing
 

Katalog

PERANCANGAN TEKNIK DIGITAL AUDIO WATERMARKING BERBASIS METODE DISCRETE WAVELET TRANSFORM (DWT) DAN DISCRETE COSINE TRANSFORM (DCT) DENGAN MENGGUNAKAN QUANTIZATION INDEX MODULATION (QIM)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MUHAMMAD FAUZAN RINDRA PUTRA
Perorangan
Gelar Budiman, I Nyoman Apraz Ramatryana
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2016

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini