STRATEGI KOMUNIKASI PEMBANGUNAN DENGAN MENGGUNAKAN KESENIAN RAKYAT WAYANG GOLEK

NORVA DEGA F.

Informasi Dasar

16.04.1676
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Abstrak

STRATEGI KOMUNIKASI PEMBANGUNAN DENGAN MENGGUNAKAN KESENIAN RAKYAT WAYANG GOLEK (Studi Kasus Tentang Strategi Komunikasi Pembangunan pada Program Internet Sehat dan Aman dengan Menggunakan Kesenian Rakyat Wayang Golek di Dinas Komunikasi dan Informatika Jawa Barat)

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi bagaimana strategi komunikasi pembangunan yaitu strategi berdasarkan media, strategi desain instruksional, dan strategi partisipatori dengan menggunakan kesenian rakyat wayang golek yang dilakukan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Barat pada program internet sehat dan aman. Kemudian bagaimana respon partisipan yang mengikuti kegiatan penyebaran informasi tentang internet sehat dan aman melalui media pertujukan wayang golek. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dengan informan yang dipilih secara purposif, observasi partisipatif moderat, studi pustaka, dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan model Miles dan Huberman yang terdiri dari tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber. Kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa Dinas Komunikasi dan Informatika Jawa Barat menggunakan strategi komunikasi pembangunan berdasarkan media yaitu pertunjukan wayang golek, selanjutnya strategi desain instruksional melalui pendekatan penyampaian pesan yang informatif, persuasif dan menghibur serta tingkah sicepot yang lucu. Kemudian strategi partisipatori yaitu bekerjasama dengan Forum Media Komunikasi Tradisional Jawa Barat. Penggunaan wayang golek masih relevan sebagai media penyebaran informasi karena dalam media tersebut terdapat nilai-nilai kebaikan, hiburan dan pendidikan. Lebih jauh lagi penggunaan wayang golek sebagai media komunikasi pembangunan dapat melestarikan kebudayaan lokal serta menjadi media alternatif untuk mengatasi kesenjangan informasi antara masyarakat yang berada dipedesaan dan perkotaan.

Kata Kunci: Strategi Komunikasi Pembangunan, Wayang Golek, Kesenian Rakyat, Internet Sehat dan Aman, Dinas Komunikasi dan Informatika Jawa Barat

Subjek

COMMUNICATION
 

Katalog

STRATEGI KOMUNIKASI PEMBANGUNAN DENGAN MENGGUNAKAN KESENIAN RAKYAT WAYANG GOLEK
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

NORVA DEGA F.
Perorangan
 
 

Penerbit

Universitas Telkom
 
2016

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini