ANALISIS PERBANDINGAN KINERJA TEKNOLOGI GIGABIT PASSIVE OPTICAL NETWORK (GPON) DAN GIGABIT ETHERNET PASSIVE OPTICAL NETWORK (GEPON) TURBO MODE PADA JARINGAN PASSIVE OPTICAL NETWORK (PON)

RIDWAN PRATAMA

Informasi Dasar

16.04.1227
621.382
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Gigabit Passive Optical Network (GPON) dan Gigabit Ehternet Passive Optical Network (GEPON) merupakan teknologi dalam PON yang yang dianggap mampu untuk memenuhi kebutuhan bandwidth dan kecepatan yang tinggi. Kedua teknologi tersebut terus bersaing dan terus dilakukan pengembangan. Turbo GEPON merupakan salah satu hasil pengembangan teknologi GEPON yang diperkenalkan oleh perusahaan Teknovus yang kemudian diakui sisi oleh Broadcomm. Turbo GEPON dianggap mampu bersaing dengan GPON karena memiliki parameter yang hampir sama seperti GPON, seperti splitting ratio¸ upstream dan downstream bandwidth, dan upstream dan downstream wavelength.

Pada Tugas Akhir ini dilakukan penelitian mengenai perbandingan kinerja antara teknologi GPON dan Turbo GEPON dengan parameter uji power link budget, rise time budget, signal to noise ratio (SNR), dan bit error rate (BER). Penelitian dilakukan dengan melakukan simulasi terhadap kedua teknologi tersebut melalui hitungan matematis ataupun software simulasi. simulasi dilakukan dengan menggunakan parameter jarak maksimum link jaringan akses PON sepanjang 20 km dan splitting ratio maksimum pada tiap teknologinya yaitu 1:64 dengan menggunakan kombinasi splitter 1:4 dan 1:16.

Hasil dari pengujian parameter uji antara teknologi GPON dan Turbo GEPON menunjukkan nilai power link budget sebesar -21.7 dBm untuk upstream dan downstream, rise time budget sebesar 0.23685 ns untuk GPON dan 0.26401 ns untuk Turbo GEPON, nilai SNR pada GPON dan Turbo GEPON sebesar 22.60021 dB untuk downstream dan 24.50568 dB untuk upstream, dan nilai BER untuk GPON dan Turbo GEPON sebesar 7.81402×10?12 untuk downstream dan 2.27266×10?17 untuk upstream. Perbandingan hasil pengujian parameter antara teknologi GPON dan Turbo GEPON menunjukkan bahwa GPON lebih unggul. Hal ini dibuktikan dengan lebih kecilnya nilai rise time budget pada GPON dibandingkan dengan Turbo GEPON yaitu sebesar 0.23685 ns pada GPON dan 0.26401 ns pada Turbo GEPON.

Kata Kunci : PON, GPON, GEPON, Turbo GEPON

Subjek

Transmisi Telkom
 

Katalog

ANALISIS PERBANDINGAN KINERJA TEKNOLOGI GIGABIT PASSIVE OPTICAL NETWORK (GPON) DAN GIGABIT ETHERNET PASSIVE OPTICAL NETWORK (GEPON) TURBO MODE PADA JARINGAN PASSIVE OPTICAL NETWORK (PON)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RIDWAN PRATAMA
Perorangan
AKHMAD HAMBALI, AFIEF DIAS PAMBUDI
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2016

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini