REPRESENTASI MASKULINITAS DALAM VARIETY SHOW (ANALISIS SEMIOTIKA JOHN FISKE PADA TAYANGAN VARIETY SHOW THE RETURN OF SUPERMAN EPISODE 34)

FENNY YOHANA

Informasi Dasar

16.04.925
302.2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Abstrak Variety show The Return of Superman merupakan variety show yang berhasil memenangkan kategori Viewer’s Choice Best Program Award pada ajang penghargaan KBS Entertainment Awards 2014. Variety show tersebut juga menjadi Trending Topic via Twitter pada penayangan perdananya di Indonesia. The Return of Superman berhasil menyampaikan pesan mengenai perubahan maskulinitas di Korea Selatan, dimana laki-laki dapat melakukan pekerjaan domestik terutama dalam merawat dan menjaga anak di rumah. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk menganalisis variety show The Return of Superman sehingga penelitian ini berjudul “Representasi Maskulinitas Dalam Variety Show”. Fokus penelitian ini adalah bagaimana level realitas, representasi, ideologi maskulinitas dalam variety show The Return of Superman. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan analisis semiotika. Tanda yang merepresentasikan maskulinitas dalam variety show, yang menjadi objek dalam penelitian ini akan dianalisis menggunakan semiotika John Fiske dengan teori The Codes of Television. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah analisis tanda dan studi pustaka. Hasil penelitian ini adalah ideologi maskulinitas pada sosok ayah yang di representasikan melalui penampilan, lingkungan, ekspresi, tingkah laku, kamera, karakter dan setting. Dimana hasil perubahan maskulinitas tersebut ditandai dengan istilah hibriditas maskulinitas dan termasuk kedalam tipe maskulinitas new man as nurturer.

Kata Kunci : maskulinitas, semiotika, john fiske, variety show The Return of Superman.

Subjek

SEMIOTICS
 

Katalog

REPRESENTASI MASKULINITAS DALAM VARIETY SHOW (ANALISIS SEMIOTIKA JOHN FISKE PADA TAYANGAN VARIETY SHOW THE RETURN OF SUPERMAN EPISODE 34)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

FENNY YOHANA
Perorangan
Maylanny Christin, Ruth Mei Ulina Malau
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Ilmu Komunikasi
Bandung
2016

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini