Design of Expert System Application to Assess Motorcycle Damage and Spare Parts Ordering With Repair Service Reservation Using Mobile Phone

Okky Hidayanto

Informasi Dasar

114081038
005.1
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Dalam kehidupan sehari-hari kebutuhan akan kendaraan pribadi hampir tidak dapat dihindarkan. Ada kalanya kendaraan yang digunakan tidak dalam kondisi prima pada saat yang tidak diduga. Sehingga kendaraan tersebut harus segera dibawa ke bengkel. Namun antrian di suatu bengkel dengan kualitas servis yang lebih baik kadang membuat pengguna(costumer) mengurungkan niatnya untuk melakukan servis.

Dilatarbelakangi oleh masalah tersebut penulis merancang sebuah aplikasi mobile untuk membantu para montir untuk mencari kerusakan dengan melakukan konsultasi kerusakan yang dibangun dengan sistem pakar dan membantu para costumer(pemilik kendaraan) untuk melihat antrian pada bengkel, membuat reservasi servis dan pemesanan suku cadang. Penulis menggunakan metode inferensi forward chaining dengan mengimplementasikan algoritma A-star untuk penelusuran masalah sesuai jawaban dari pengguna("iya" atau "tidak") yang akan menentukan jalur pertanyaan (jumlah pertanyaan menyesuaikan dengan jawaban pengguna) sehingga menghasilkan kesimpulan kerusakan.. Aplikasi dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman J2ME dan untuk penyimpanan data menggunakan MySQL 5.5.

Aplikasi ini memiliki akurasi dalam pencarian kerusakan sebesar 75% dan 42% untuk kecocokan saran kemungkinan kerusakan dengan kesimpulan akhir yang didapat. Dari segi costumer aplikasi memiliki tampilan yang cukup mudah digunakan dengan tingkat bantuan dibutuhkan.

Subjek

COMPUTER PROGRAMMING
 

Katalog

Design of Expert System Application to Assess Motorcycle Damage and Spare Parts Ordering With Repair Service Reservation Using Mobile Phone
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Okky Hidayanto
Perorangan
MUHAMMAD NASRUN ; BUDHI IRAWAN
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini