Perancangan Dan Implementasi Gesture Recognition Menggunakan Motion Detector Pada Media Player Application Dan Game Controlling System

Arif Pratama

Informasi Dasar

114080012
621.381
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Dalam hubungan interaksi antara manusia dan komputer dikenal istilah Computer Vision. Yaitu sistem pemberian masukan ke dalam sistem komputer melalui data yang diperoleh dari gambar. Termasuk di dalamnya teknologi Gesture Recognition, yang fokus mengambil data dari perilaku anggota tubuh yang terdapat pada gambar.
Pada tugas akhir ini, pengimplementasian teknologi Gesture Recognition dilakukan dengan pembuatan Motion Detector yang tidak hanya mampu mendeteksi objek dan gerak tetapi juga mampu memberikan masukan ke aplikasi lain. Yaitu pada Game dan Media Player Application. Motion Detector yang dibuat dibangun dengan bahasa pemrograman C# dan library Emgu.CV.
Aplikasi Motion Detector yang dibuat diberi nama Motitector80012 dengan tiga mode yang berbeda. Yaitu mode navigasi yang bisa digunakan untuk mengontrol Game, mode Media Player untuk mengendalikan Media Player Application, dan mode Mouse untuk mengendalikan kursor dan klik pada Mouse. Kinerja atau performa aplikasi Motitector80012 dipengaruhi oleh perbedaan cahaya dalam ruang, jarak objek terhadap kamera, serta posisi objek terhadap kamera. Dari hasil pengujian yang dilakukan didapat tingkat akurasi aplikasi Motitector80012 pada ketiga mode di jarak normal 0,3m sampai 0,6m dan pada cahaya ruangan terang umumnya bernilai lebih besar dari 80%. Sehingga performansi dari aplikasi Motitector80012 dinilai cukup memuaskan.

Subjek

MICROCONTROLLER
 

Katalog

Perancangan Dan Implementasi Gesture Recognition Menggunakan Motion Detector Pada Media Player Application Dan Game Controlling System
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Arif Pratama
Perorangan
Budhi Irawan, S.Si,MT ; R. Rumani M, Ir. ,Drs., MSEE.
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini