PERANCANGAN PROTOTIPE SENSOR PARKIR MOBIL MENGGUNAKAN SENSOR ULTRASONIK DAN BERBASIS MIKROKONTROLER <br>DESIGN PROTOTYPE OF PARKING CAR CENSOR USING ULTRASONIC CENSOR BASED ON MICROCONTROLLER

YOGANA

Informasi Dasar

611071028
621.381
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

ABSTRAKSI: Pengemudi mobil seringkali mengalami kesulitan saat memparkir kendaraan di lokasi yang sempit, disebabkan lahan parkir yang berkurang. Tidak sedikit pengemudi yang menabrak tiang listrik, menggores tembok dan lebih parah lagi menabrak mobil yang lain yang akan menyebabkan banyak kerugian bagi pemilik mobil dan orang lain.

Tujuan dari proyek akhir ini adalah untuk merancang prototype sensor parkir mobil berbasis mikrokontroler. Sistem alat ini menggunakan mikrokontroler sebagai pengendali sistem utamanya. Sebagai pendeteksi jarak mengunakan modul sensor Ultrasonik PING buatan PARALLAX yang terdiri dari TX (transmitter) da RX (receiver). Sebagai output digunakan sebuah LCD ( Liquid Cristal Display) untuk menampilkan jarak, led dan sebuah buzzer untuk indikator bunyi.

Hasil yang didapat dari pembuatan prototipe sensor parkir mobil berbasis mikrokontroler adalah alat tersebut dapat digunakan untuk mengukur jarak parkir mobil. Jarak yang terukur akan ditampilkan ke LCD dalam satuan sentimeter beserta dengan statusnya seperti apabila jarak yang terukur adalah lebih besar dari 30 sentimeter maka pada LCD akan tertampil status “SAFETY” dan akan menyala led warna hijau sebagai tanda masih dalam jarak aman. Jika jarak yang terukur adalah 29 sentimeter sampai 20 sentimeter maka di LCD akan tertampil status “HATI – HATI” led hijau mati dan ganti led kuning yang akan menyala, dan jika jarak yang terukur adalah 19 sentimeter sampai 0 sentimeter maka akan tertampil status “STOP” led kuning mati dan ganti led merah menyala dan disertai bunyi buzzer.Kata Kunci : Sensor Ultrasonic PING, Mikrokontroler, Buzzer, LED, LCDABSTRACT: Driver often having a difficulty when he want to park the vehicles on to narrow places ,it caused park location has decreased. Some driver crashed electricity pole, crashed wall, and more serious the driver crashed other vehicles its cause disadvantages for vehicles owner and other people.

Purpose this final project is to design prototype of parking car using censor ultrasonic based on microcontroller. The system using microcontroller as principal system control. As distance detector using ultrasonic censor module made in by PARRALAX that consist of transmitter and receiver. For system output using LCD for distance displayed, led and buzzer for sound indicator.

The result from design parking car prototype based on microcontroller is the device can measuring parking distance. Distance has measured will displayed to the LCD in centimeter unit as well as with the status if distance has measured more than 30 centimeter so status “SAFETY” will able displayed in to LCD and green LED will be a glow as sign in safety condition. If distance has measured is 29 cm till 20 cm so status “HATI-HATI” will able displayed in to LCD, grenn led turn off and change yellow led will be a glow,and if distance has measured is 19 cm til 0 cm so status “STOP” will able displayed in to LCD, yellow led turn off,and change red led on as well as sound off buzzer.Keyword: Ultrasonic censor, Microcontroller, Buzzer, LED, LCD

Subjek

Sistem Elektronika
 

Katalog

PERANCANGAN PROTOTIPE SENSOR PARKIR MOBIL MENGGUNAKAN SENSOR ULTRASONIK DAN BERBASIS MIKROKONTROLER
DESIGN PROTOTYPE OF PARKING CAR CENSOR USING ULTRASONIC CENSOR BASED ON MICROCONTROLLER
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

YOGANA
Perorangan
Iswahyudi Hidayat, M. SarwokoM.Sc.
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2011

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini