Analisis Alokasi Dari Dua Broadcast Control Channel Menjadi Satu Broadcast Control Channel (Common BCCH ) Pada Jaringan GSM

Dian Purnama Sari

Informasi Dasar

111108080
004.6
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Adanya jumlah pengguna jaringan selular GSM yang masih sangat banyak terkadang dapat menyebabkan kepadatan trafik . Kepadatan trafik tersebut yang menyebabkan kanal-kanal di dalam sel tidak mencukupi lagi untuk mendukung keberhasilan panggilan diantara penggunanya .Untuk mendukung keberhasilan panggilan tersebut salah satu cara yang perlu dilakukan adalah dengan menambahkan kanal trafik. Penambahan kanal trafik (TCH) dapat diwujudkan dengan implementasi BTS Common BCCH (CBCCH).

CBCCH adalah suatu implementasi pada BTS dimana 2 BCCH yang ada pada GSM dan DCS di site yang sama menjadi 1 BCCH sehingga timeslot pada DCS yang awalnya dipakai oleh BCCH dapat digantikan dengan kanal trafik (TCH). Jadi dengan implementasi BTS CBCCH dapat menghemat timeslot kanal dan menaikkan trafik tetapi dengan kualitas yang sama dengan menggunakan dua BCCH.

Penelitian ini membahas tentang analisa kapasitas trafik dan performansi antar sebelum dan sesudah implementasi CBCCH di area Bandung pada BTS Gedebage dengan studi kasus PT. Indosat. Hasil analisis yang telah dilakukan menunjukan bahwa kapasitas trafik setelah implementasi CBCCH lebih baik dari sebelum implementasi CBCCH dengan melihat nilai TCH availability yaitu pada sector Gedebage1 dari 19 kanal menjadi 21 kanal dan kapasitas kanal SDCCH yang menurun yaitu dari 31 kanal menjadi 26 kanal pada sector Gedebage1. Dalam penelitian ini juga didapatkan hasil yang menunjukan bahwa performansi setelah implementasi CBCCH lebih baik daripada sebelum implementasi CBCCH, hal ini dapat dilihat dari nilai CSSR yang meningkat yaitu dari 97.96% pada DCSGedebage1 dan 97.71% pada Gedebage1 menjadi 99.23% pada CGedebage1, nilai HOSR yang meningkat yaitu dari 99.03% pada DCS Gedebage1 dan 98.43% pada Gedebage1 menjadi 99.1% pada CGedebage1 dan nilai DCR yang menurun yaitu dari 1.1% pada DCS Gedebage1 dan 1.18% pada Gedebage1 menjadi 0.99% pada CGedebage1Kata Kunci : Common BCCH, TCH Availibility, SDCCH Availibility, Call Setup Succes Rate (CSSR), Drop Call Rate (DCR), dan Handover Succes Rate (HOSR)ABSTRACT: The existence of the number of users of GSM cellular networks are still very much at times can lead to traffic congestion. The density of traffic that caused the channels in the cell no longer sufficient to support the success of a call between users. To support the success of the call one way to do this is to add a channel traffic. The addition of traffic channel (TCH) can be realized with the implementation of the Common BCCH BTS (CBCCH).

CBCCH is an implementation of the BTS where 2 existing BCCH in the GSM and DCS on the same site into one that BCCH timeslot on the first worn by DCS BCCH can be replaced with a traffic channel (TCH). So with the implementation of BTS CBCCH can save timeslot channel and increase traffic but with the same quality by using two BCCH.

This study discusses the analysis of traffic capacity and performance between before and after implementation CBCCH in Bandung area BTS Gedebage with case studies PT Indosat. The results of the analysis that has been done shows that traffic capacity after implementation CBCCH better than before implementation CBCCH to see that the value of TCH availability from 19 channels to 21 channels on Gedebage1 sector and a SDCCH channel capacity declined from 31 channels to 26 channels on Gedebage1 sector. In this study also found that the results show that the performance after implementation CBCCH better than before CBCCH implementation, this can be seen from the CSSR value increased from 97.96% on DCSGedebage1 and 97.71% in Gedebage1 to 99.23% on CGedebage1, the value of HOSR parameter increased from 99.03% in the DCS Gedebage1 and 98.43% in Gedebage1 to 99.1% in CGedebage1 and the DCR values decreased from 1.1% in the DCS Gedebage1 and 1.18% in Gedebage1 to 0.99% in CGedebage1.Keyword: Common BCCH, TCH Availibility, SDCCH Availibility, Call Setup Succes Rate (CSSR), Drop Call Rate (DCR), dan Handover Succes Rate (HOSR)

Subjek

Jaringan Multimedia
 

Katalog

Analisis Alokasi Dari Dua Broadcast Control Channel Menjadi Satu Broadcast Control Channel (Common BCCH ) Pada Jaringan GSM
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Dian Purnama Sari
Perorangan
Uke Kurniawan Usman, Dr.Rendy Munadi
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2012

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini