Aplikasi Smartcard RFID untuk Sistem Parkir Kendaraan Bermotor

Latif Achmad

Informasi Dasar

111068075
621.381
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Sistem parkir konvensional di kampus IT Telkom saat ini menggunakan sistem parkir dengan selembar kertas, dimana no kendaraan diisi oleh petugas yang menjaga pada waktu itu. Kurangnya efisiensi transaksi, rawan akan kecurangan, dan tindak kejahatan pencurian menjadi kelemahan dari sistem parkir ini. Timbul gagasan untuk membuat sistem parkir yang lebih baik, yakni sistem parkir dengan teknologi RFID, supaya diperoleh efisiensi dan keamanan yang lebih baik.
Dengan Borland Delphi dan MySQL, telah dibangun suatu sistem parkir kampus yang mempunyai factor efisiensi dan keamanan yang lebih baik. Karena sistem dapat bekerja secara otomatis dan laporan transaksi yang jelas. Sistem ini menggunakan tag RFID sebagai kartu parkir, dalam hal ini KTM dari mahasiswa sendiri yang mulai di terbitkan pada tahun ajaran 2005/2006. Informasi yang diperoleh pada saat tag RFID terdeteksi oleh sensor, akan disimpan dalam database, sebagai bukti transaksi masuk atau keluarnya kendaraan dalam area parkir kampus. Bila informasi tersebut berbeda saat kendaraan akan masuk atau keluar dari area parkir kampus, maka kendaraan tidak diperbolehkan masuk atau keluar tanpa suatu prosedur kemananan.
Sistem parkir ini memiliki kelebihan, yaitu faktor keamanan dan efisiensi dari perangkat yang di pergunakan sebagai media transaksi parkir kendaraan. Proses transaksi kendaraan masuk atau keluar bila lancar tanpa ada hambatan rata-rata 9 detik. Sistem dapat bekerja secara otomatis dan petugas dapat memeriksa laporan dengan mudah, karena setiap transaksi terkomputerisasi. Syarat kendaraan diijinkan masuk atau keluar, adalah kendaraan tersebut harus sama dengan data-data yang telah tersimpan dalam database.
Kata Kunci : RFID, DELPHIABSTRACT: Conventional parking system on campus IT Telkom currently using parking system with a sheet of paper, where no vehicle filled by officers who maintain at that time. Lack of efficiency of transactions, prone to fraud and theft crimes to the weakness of this parking system. The idea to make the system better parking, the parking system with RFID technology, in order to obtain efficiency and better security. With Borland Delphi and My SQL, has built a campus parking system that has a factor of efficiency and better security. Because the system can work automatically and clear transaction reports. This system uses RFID tags as a parking card, in this case from the students themselves KTM is starting in published in the 2005/2006 academic year. Information obtained during an RFID tag is detected by the sensor, will be stored in a database, as proof of transaction entry or exit vehicles in campus parking areas. If the information is different when the vehicle will enter or exit the campus parking area, the vehicles are not allowed in or out without a security procedure. This parking system has advantages, namely safety and efficiency of the device in use as a media vehicle parking transactions. Process transactions entered or exited the vehicle when smoothly without resistance average of 9 seconds. The system can work automatically and officers can check the reports easily, because every transaction computerized. Terms of vehicles allowed in or out, is the vehicle must be equal to the data already stored in the database.
Keyword: RFID

Subjek

Sistem Elektronika
 

Katalog

Aplikasi Smartcard RFID untuk Sistem Parkir Kendaraan Bermotor
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Latif Achmad
Perorangan
Sofia Naning Hertiana, M Ramdhani
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2009

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini