PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI ALAT PENGHITUNG DENYUT NADI AEROBIK BERBASIS MIKROKONTROLER MCS?51

Ikhwan Puji Indratno

Informasi Dasar

611051013
621.391 6
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

Jantung merupakan organ vital didalam tubuh manusia. Jantung berfungsi mensirkulasikan/memompa darah ke seluruh tubuh. Akibat dari pemompaan tersebut volume darah di suatu organ akan berubah-ubah. Fotoplethysmograf merupakan perangkat yang dapat digunakan untuk mendeteksi perubahan volume darah tersebut.
Denyut nadi dapat dipakai sebagai tolok ukur kondisi jantung. Denyut nadi adalah frekuensi irama denyut/detak jantung yang dapat dipalpasi (diraba) di permukaan kulit pada tempat-tempat tertentu. Frekuensi denyut nadi pada umumnya sama dengan frekuensi denyut jantung/detak jantung.
Tujuan dari Proyek Akhir ini adalah membuat alat penghitung denyut nadi aerobik berbasis mikrokontroler mcs-51. Yaitu suatu perangkat untuk memonitor perubahan volume darah dan menampilkan perhitungan denyut nadi maksimal maupun minimal.
Alat penghitung denyut nadi aerobik ini dibangun dari sensor, penguat, LPF, ADC, mikrokontroler. Sensor yang tersusun atas LED merah dan fototresistor (LDR) ditempatkan pada jari tangan. Sinar yang dipancarkan oleh LED diterima oleh LDR. Sinyal yang diterima oleh LDR berubah-ubah sesuai dengan perubahan volume darah. Sinyal ini kemudian dikuatkan dan difilter. Kemudian sinyal analog ini diubah menjadi sinyal digital kemudian diolah oleh mikrokontroler untuk selanjutnya ditampilkan. Data disajikan berupa angka.

Subjek

MICROCONTROLLER
 

Katalog

PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI ALAT PENGHITUNG DENYUT NADI AEROBIK BERBASIS MIKROKONTROLER MCS?51
 
 
indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Ikhwan Puji Indratno
Perorangan
Achmad Rizal,ST.,MT. , M.Ramdhani,ST.MT.
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2008

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini