iThenticate - Pengecekan Referensi pada Karya Tulis Ilmiah Telkom University

21 January 2015 Oleh 11730792

iThenticate merupakan salah satu perangkat similarity checker karya ilmiah yang dapat digunakan untuk mengecek potensi plagiarism dari suatu karya tulis, iThenticate memiliki kelebihan dari sumber referensi yang digunakan sebagai database pembanding, perangkat ini menilai tingkat kesamaan tekstual suatu tulisan dengan menggunakan database pembanding yang mencakup publisher ternama seperti Elsevier, IEEE, Springer, Emerald, Sage, EBSCO, ProQuest dan lainnya.

Telkom University berlangganan iThenticate sejak tahun 2015 dengan kuota berlangganan 10.000 dokumen, selama lima periode masa berlangganan tersebut tercatat kenaikan sebesar 71% pada penggunaan iThenticate dan untuk tiga tahun terakhir (2017, 2018, dan 2019) tercatat rata-rata penggunaan iThenticate sebesar 98% dari kuota yang dilanggan Telkom University. Berikut data penggunaan ithanticate dari 2015 s.d. 2019.

 

Sumber: https://app.ithenticate.com/en_us

 

Informasi penggunaan iThenticate pada tahun 2019 dapat dilihat pada diagram berikut dan untuk data secara detail dapat diakses disini”.

Sumber: https://app.ithenticate.com/en_us

 

Pada periode 2019 pengguna iThenticate terbesar adalah Fakultas Inddustri Kreatif (FIK) yaitu sebesar 33% dari kuota dokumen yang dilanggan atau sebanyak 3765 dokumen yang dicek. Keberadaan iThenticate diharapkan dapat membantu meningkatkan integritas karya ilmiah sivitas Telkom University.

Pada tahun 2020 Telkom University melanggankan iThenticate dengan kuota dokumen unlimited untuk 500 user. Manual dari iThenticate dapat didownload disini:

http://openlibrary.telkomuniversity.ac.id/uploads/iThenticate_Manual.pdf

Informasi Lainnya