Library Newsletter | Tel-U Open Library, Desember 2019

28 December 2019 Oleh ajengayuning

BOOK REVIEW

 

Judul : The Culture Code

Penulis : Daniel Coyle

Open Library Catalogue : 19.01.1469


"Culture is a set of living relationships working towards a shared goal. It’s not something you are. It’s something you do.”-Coyle

Daniel Coyle 

 

 ‘The Culture Code’ yang ditulis Coyle mengeksplorasi 2 pertanyaan utama, darimana ‘great culture’ dalam sebuah tim yang sukses itu berasal? Serta bagaimana menumbuhkan dan memelihara budaya yang sudah dibangun dalam mencapai keberhasilan tim?

Buku yang menarik untuk melihat indikator cara sebuah tim berhasil mencapai tujuan dan target besar. Penulis menggambarkan poin inti melalui banyak isu-isu praktis dan dinamika cara terbaik bekerjasama dalam sebuah tim serta perilaku yang membuat mereka sukses bersama-sama.  

Ada 3 hal yang membuat budaya itu terbentuk :

  1. Build Security – Kekhawatiran ketika system social menolak kita, kita bias mati. 'Tanpa sadar , kita semua menilai sebagian besar dari sinyal insecurity di dalam tim yang menyampaikan apakah kita termasuk di dalamnya atau tidak. Budaya yang kuat dalam tim akan memberikan kesepakatan untuk memberikan support satu salam lain ketika ketidaknyamanan yang diterima dari penilaian social diluar tim. Bagian ini memiliki informasi yang sangat menarik tentang perilaku sederhana namun memberikan dampak besar pada penciptaan budaya yang kuat.
  2. Share Vulnerability, keterbukaan pemimpin maupun setiap anggota tim mengenai kondisi tidak nyaman atau kritis dalam tim yang memberikan dampak semua anggota tim akan bersiap dan Bersama-sama memberikan upaya terbaik agar tidak keadaan menjadi lebih baik.
  3. Establish Purpose, Studi tentang 200 start-ups teknologi di silicon valley di tahun 1990-an menemukan tiga model : Star Model (mempekerjakan orang yang terbaik atau cemerlang), Professional Model (membangun grup dengan orang-orang yang memiliki kemampuan atau keahlian yang sama), dan Commitment Model (Membangun tim yang memiliki value dan keterikatan yang erat secara emosional)

The Culture Code adalah salah satu buku yang memberikan gambaran besar mengenai tim solid yang tidak hanya terpaku pada bisnis semata. Buku ini melewati sebuah kerangka, manajemen gaya kepemimpinan yang khas dan membahas efektivitas pada tingkat yang jauh lebih dalam, menciptakan prestasi tinggi tim melalui psikologis, keselamatan kerentanan, dan tujuan. Buku ini untuk setiap pemimpin yang ingin membangun suatu kesatuan yang setia, , kohesif dan budaya performa tinggi.

 

Di Review oleh : Ajeng Ayu


 

BOOK RECOMMENDATION

     

19.01.1473

LIFE STYLE

19.01.477

INTERIOR DESIGN

19.21.365

BUSINESS



 

 


 

Tel-U Open Library Events Highlight (Desember 2019)

(18/12) Telkom University berkolaborasi dengan Intranetku telah menyelenggarakan workshop ‘Mudah membuat Bahan Ajar berbasis Multimedia Interaktif menggunakan Camtasia Studio’. Kegiatan ini bertujuan untuk sharing skill dalam hal penggunaan software untuk membuat bahan ajar secara mandiri bagi dosen Telkom University, untuk menunjang aktifitas perkuliahan. Dalam kegiatan ini dihadiri oleh puluhan dosen Telkom University dari berbagai prodi, diharapkan pula kedepannya Telkom University Open Library akan berupaya untuk terus memberikan support optimal terhadap kegiatan riset, pembelajaran dan pengabdian masyarakat.

Informasi Lainnya