Analisis Model Bisnis Pada Bisnis Start-up Web Hosting Di Kota Bandung Menggunakan Business Model Canvas (Studi Kasus Pada Qwords.com)

AULIA ALMA UTAMI

Informasi Dasar

18.04.1806
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK Indonesia perlahan mulai menuju ekosistem digital di Asia Tenggara, dengan pertumbuhan bisnis E-Commerce yang terus meningkat. Tak dapat dipungkiri perkembangan start-up, bisnis web hosting dan domain juga terus ikut mengalami perkembangan. Qwords.com merupakan salah satu start-up yang bergerak dibidang penyedia jasa web hosting dan domain. Data perkembangan Qwords.com yang terus mengalami peningkatan jumlah domain yang mereka kelola saat awal mereka berdiri hingga awal tahun 2017, kemudian mulai mengalami penurunan pada tahun 2018. Berdasarkan masalah tersebut kita bisa menarik kesimpulan bahwa bisnis penyedia jasa web hosting dan domain merupakan usaha yang menjanjikan, namun adanya pesaing baru dalam kegiatan bisnis ini membuat para penyedia jasa web hosting dan domain harus memiliki model bisnis yang baik agar mampu memiliki daya saing yang kuat. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan pemetaan pada model bisnis milik Qwords.com menggunakan Sembilan blok Business Model Canvas yang diharapkan mampu menyelesaikan masalah yang ada dan melakukan analisis SWOT terhadap model bisnisnya untuk melihat strength, weakness, opportunity dan threats yang dimiliki oleh bisnis Qwords.com. Berdasarkan penelitian ini ditemukan bahwa Qwords.com telah memiliki model bisnis yang sesuai standar menurut teori Osterwalder & Pigneur dan perlu diadakan penambahan pada blok customer relationship dengam pemberian diskon kepada pelanggan jika membeli domain dengan jumlah enam atau lebih sekaligus, customer segment dengan penambahan fokus kepada UMKM, channels melakukan penambahan endorsement pada Influencer, revenue stream menambahkan layanan pembelian domain, pelelangan nama domain, dan pendaftaran bisnis, key resources menambahkan kerja sama secara spesifik dengan mitra bisnis dan memberikan pelatihan rutin sesuai keahlian divisi masing-masing pegawai, key partnership perlu ditambahkan adanya kerja sama dengan Dinas Koperasi dan UMKM, Key Activities menambahkan penjagaan standar kualitas produk yang sudah ada, peningkatan kualitas Uptime & Page Load Time pada kecepatan akses milik pelanggan.

Kata Kunci : Model Bisnis, Business Model Canvas, Analisis SWOT, Web Hosting

Subjek

1 ENTREPRENEURSHIP
 

Katalog

Analisis Model Bisnis Pada Bisnis Start-up Web Hosting Di Kota Bandung Menggunakan Business Model Canvas (Studi Kasus Pada Qwords.com)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

AULIA ALMA UTAMI
Perorangan
TRISHA GILANG SARASWATI
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Administrasi Bisnis
Bandung
2018

Koleksi

Kompetensi

 

Flipbook

anda harus log in untuk mengakses flippingbook

Lainnya

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini