Aplikasi Pencatatan Pembelian, Penjualan, Pengelolaan Piutang, dan Laporan Laba Rugi Berbasis Web (Studi Kasus di PT Dinamika Perkasa Prima, Bandung)

MELSA ANINDA FITRI

Informasi Dasar

18.06.139
006.76
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

Perusahaan dagang ini mendistribusikan daging sapi, domba, dan kambing kepada konsumen. Transaksi yang dilakukan di perusahaan ini yaitu transaksi penjualan dan pembelian. Transaksi pembelian dan penjualan di perusahaan ini dilakukan secara tunai dan kredit. Pelanggan seringkali melakukan pembayaran secara kredit, sehingga menyebabkan banyaknya piutang yang tak tertagih dari pelanggan. Pencatatan keuangan di perusahaan ini menggunakan Microsoft Excel. Pencatatan keuangan perusahaan ini terdiri dari pencatatan pembelian daging, penjualan daging, jurnal, buku besar, neraca saldo, hingga laporan laba rugi. Pencatatan yang dihasilkan masih kurang akurat karena adanya kesalahan pencatatan, dan hilangnya nota penjualan dan pembelian sehingga tidak dapat direkap. Oleh sebab itu, dibangun aplikasi berbasis web yang menggunakan bahasa pemograman PHP dan framework CI untuk mengatasi masalah pencatatan transaksi pembelian, penjualan, piutang dan laporan keuangan pada perusahaan. Fungsionalitas yang dimiliki adalah dapat melakukan transaksi pembelian dan penjualan daging secara tunai dan kredit, mencatat pembayaran piutang, menangani pencatatan retur penjualan dari pelanggan, dan menghasilkan catatan akuntansi seperti jurnal, buku besar, neraca saldo, dan laporan laba rugi. Berdasarkan pengujian black box dan pengujian manual maka didapatkan hasil yang sama.

Kata kunci : Pembelian, Penjualan, Piutang, Aplikasi Berbasis Web, Framework CI

Subjek

WEB PROGRAMMING
 

Katalog

Aplikasi Pencatatan Pembelian, Penjualan, Pengelolaan Piutang, dan Laporan Laba Rugi Berbasis Web (Studi Kasus di PT Dinamika Perkasa Prima, Bandung)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MELSA ANINDA FITRI
Perorangan
ROCHMAWATI, MONTERICO ADRIAN
 

Penerbit

Universitas Telkom, D3 Komputerisasi Akuntansi
Bandung
2018

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini