REKOMENDASI PEMILIHAN RUMAH SAKIT BERBASIS MOBILE BERDASARKAN KEBUTUHAN PASIEN DENGAN MENGGUNAKAN METODE SAW (STUDI KASUS: KOTA BANDA ACEH)

RAEDI ALWAFI ISRIL

Informasi Dasar

17.04.3647
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Kesehatan merupakan suatu hal yang penting bagi kehidupan manusia. Pada saat sakit terutama yang memerlukan penanganan khusus, masyarakat harus ke rumah sakit untuk mendapat pengobatan yang sesuai. Rumah sakit di Kota Banda Aceh yang telah dan/atau akan dibangun, mulai melengkapi fasilitasnya untuk mencukupi kebutuhan masyarakat di Banda Aceh. Namun, masih ada kendala dalam menentukan rumah sakit mana yang sebaiknya dipilih, karena sering tidak sesuai dengan kebutuhan/kondisi pasien. Selain itu, membutuhkan waktu yang tidak sedikit dalam penentuan rumah sakit yang dipilih. Sehingga dibutuhkan suatu alat bantu dalam memilih rumah sakit dengan mempertimbangkan kebutuhan pasien, serta mempercepat proses penentuan rumah sakit yang dituju. Terdapat beberapa kriteria yang menjadi pertimbangan pemilihan rumah sakit, yaitu: fasilitas, asuransi, biaya, ketersediaan dokter spesialis dan jarak. Simple Additive Weighting digunakan dalam proses pemilihan rumah sakit berdasarkan kriteria tersebut karena mampu membuat rekomendasi dari beberapa kriteria serta memiliki waktu proses yang cepat dibandingkan metode lainnya. Sistem ini dibangun berbasis mobile dikarenakan sebagian besar masyarakat telah mempunyai smartphone, selain itu juga untuk mendapatkan informasi nilai jarak dari lokasi pengguna ke rumah sakit. Berdasarkan hasil dari pengujian sistem ini, waktu rata-rata yang dibutuhkan sistem sampai dapat menghasilkan rekomendasi rumah sakit yaitu 28.99 detik. Berdasarkan perbandingan hasil rekomendasi dari pakar dan sistem untuk 51 kasus uji, diperoleh tingkat performa sistem sebesar 88.24%. Dengan hasil tersebut maka sistem sudah dapat digunakan dalam rekomendasi pemilihan rumah sakit berdasarkan kebutuhan pasien. Kata kunci: Pemilihan Rumah Sakit di Kota Banda Aceh, Kebutuhan Pasien, Simple Additive Weighting, Sistem Rekomendasi

Subjek

DECISION SUPPORT SYSTEMS
 

Katalog

REKOMENDASI PEMILIHAN RUMAH SAKIT BERBASIS MOBILE BERDASARKAN KEBUTUHAN PASIEN DENGAN MENGGUNAKAN METODE SAW (STUDI KASUS: KOTA BANDA ACEH)
 
 
INDONESIA

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RAEDI ALWAFI ISRIL
Perorangan
DANANG JUNAEDI, ANISA HERDIANI
 

Penerbit

Universitas Telkom
BANDUNG
2017

Koleksi

Kompetensi

  • CDG4G3 - SISTEM PENDUKUNG PENGAMBILAN KEPUTUSAN

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini